AI dari Alibaba Mampu Deteksi Virus Corona dalam Sekejap

Telset.id, Jakarta РPenggunaan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di sektor medis membantu dokter maupun perawat dalam deteksi hal-hal yang mungkin terlewatkan oleh manusia, termasuk virus Corona atau Covid-19. AI buatan Alibaba misalnya, diklaim mampu deteksi virus Corona hanya dalam hitungan detik saja.

Menurut laporan The Next Web, seperti dikutip Telset.id, Selasa (17/03/2020), sistem baru tersebut bergantung kepada CT scan. Dipadukan dengan AI, maka deteksi virus Corona atau Covid-19 bisa dilakukan dalam waktu yang cepat.

{Baca juga: Wabah Virus Corona, Jack Ma Sumbang 2 Juta Masker}

Kecepatan itu jauh lebih efektif dibanding 15 menit atau lebih bagi manusia untuk mendiagnosis penyakit. Alibaba melaporkan bahwa sistem tersebut memiliki akurasi 96 persen untuk deteksi Covid-19.

Deteksi Corona

Dengan kata lain, dokter dapat menggunakan sistem AI milik Alibaba secara aman untuk mendiagnosis virus Corona terhadap pasien. Hal itu akan membantu mempersingkat waktu pemeriksaan.

{Baca juga: Berawal dari Omongan Trump, Google Bikin Situs Soal Corona}

Untuk melatihnya, sistem dimasukkan gambar dan data berdasarkan 5.000 kasus virus Corona dikonfirmasi di China. Setidaknya 100 fasilitas kesehatan di China sudah menggunakan sistem AI Alibaba.

Apakah kita akan melihat sistem itu dipakai di negara lain? Bisa jadi. Yang jelas, China telah mengirim beberapa dokter ke negara lain untuk memberi saran tentang cara menangani situasi di tengah wabah corona. (SN/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -