Adu Kuat iPhone 5 vs Samsung Galaxy S4

iPhone 5, Galaxy S4, dan S3 direndam dalam air
iPhone 5, Galaxy S4, dan S3 direndam dalam air

Jakarta –  Samsung Galaxy S4 dan iPhone 5 menggunakan material casing yang berbeda. Perusahaan asuransi ponsel SquareTrade menguji ketahan kedua ponsel tersebut, dan hasilnya iPhone 5 dinilai lebih tangguh dibanding S4.

Sebagai perusahaan asuransi ponsel, SquareTrade ingin menguji sampai sejauh mana daya tahan ponsel yang ada ditangan konsumen saat terjatuh atau ‘kecemplung’ di air. Ada tiga ponsel yang akan ikut dalam test ini, yaitu iPhone 5, Galaxy S4, dan juga Galaxy S 3.

Ketiga handset tersebut akan dijatuhkan dari ketinggian tertentu untuk menguji kekuatan casing-nya, dilempar di atas meja untuk melihat seberapa jauh mereka akan meluncur, dan membenamkannya di air untuk melihat seberapa baik handset dapat bertahan.

Pengujian pertama adalah drop test. Caranya, ketiga ponsel tersebut dijatuhkan dari ketinggian hampir 1,5 meter. Hasilnya, Galaxy S4 dan S 3 yang menggunakan casing plastik mengalami kerusakan di bagian sudut layarnya yang terlihat retak.

Sedangkan iPhone 5 tidak mengalami kerusakan yang berarti. Hanya terlihat beberapa bagian saja yang mengalami goresan atau sedikit penyok, namun kerusakannya tidak terlalu kelihatan mencolok seperti S4 dan S3.

Ujian kedua adalah slide test, yakni dengan cara melempar (menggeser) ketiga ponsel tadi di atas sebuah meja. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui ponsel mana yang memiliki koefisien gesekan paling rendah. Hasilnya, iPhone 5 dinilai lebih baik dari kedua ponsel buatan Samsung itu.

Dan test terakhir yang dilakukan SquareTrade adalah dengan cara membenamkan ketiga ponsel tersebut ke dalam air dengan kondisi mesin dihidupkan. Hasilnya, iPhone 5 dan S4 masih berfungsi dengan baik. Sementara S3 bernasib buruk, karena suaranya tidak berfungsi alias speaker-nya mati.

Setelah melakukan serangkain test tadi, SquareTrade menilai ketiga ponsel mencetak “Medium Risk”. Galaxy S4 mendapat skor lebih rendah dibanding iPhone 5 dan bahkan dengan pendahulunya Galaxy S3.

Dengan menggunakan skala 1 sampai 10 (dengan skor 10 adalah yang terburuk), iPhone 5 mencetak skor 5, Galaxy S3 mendapat skor 6,5 dan S4 mencetak skor 7. Ini artinya, iPhone 5 dinilai lebih kuat dibanding S3 dan S4. Demikian seperti dikutip telsetNews dari appleinsider, Rabu (1/5).

Skor penilaian uji ketahanan iPhone 5 vs Galaxy S4

Ingin tahu bagaimana iPhone 5, Galaxy S 4, dan Galaxy S 3 ‘disiksa’ dalam uji ketahanan yang dilakukan SquareTrade, simak videonya dibawah ini:

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0