Ada Visi Microsoft dalam iPad Pro

Surface Pro 3 tabletJAKARTA – Meski telah berhasil di pasar tablet dengan produknya iPad, namun Apple tidak malu mengakui kebenaran visi Microsoft mengenai produk hybrid, atau produk tablet yang memiliki keyboard yang bisa dipisahkan.

Dalam event Rabu kemarin, Apple memperkenalkan iPad Pro. Device ini merupakan iPad atau tablet terbesar Apple dengan tambahan opsi keyboard yang bisa dipisahkan. Apple juga memperkenalkan stylus pertamanya yang bernama Apple Pencil.

Jika dilhat, iPad Pro ini seperti Microsoft Surface. Apple bahkan menggunakan nama Pro untuk mendeskripsikan produk anyarnya tersebut. Nah, dengan kehadiran produk ini, Apple seakan-akan mengakui bahwa Microsoft benar terkait soal produk hybrid.

Apa yang orang inginkan, terutama para pekerja adalah hybrid komputer. Yakni tablet layar sentuh dengan kekuatan setara PC dan keyboard. Hal ini adalah visi Microsoft.

Sebelumnya, pada 2012 CEO Apple Tim Cook mengatakan bisa saja membuat produk hybrid tapi itu akan seperti menjadikan satu dua benda berbeda fungsi, yakni panggangan roti dan lemari es (toaster and fridge). Pada masa itu, Toaster and Fridge jadi ejekan untuk produk hybrid.

“Anda bisa menyatukan toaster dan lemari es. tapi mungkin hasilnya tidak akan menyenangkan bagi pengguna,” kata Cook saat itu.

Well, dengan peluncuran iPad Pro yang mengadopsi produk hybrid, maka bisa dikatakan Cook telah menjilat ludahnya sendiri. Karena nyatanya kini Apple akhirnya harus mengakui konsep produk tablet hybrid dari Microsoft lewat produknya iPad Pro. [AI/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here