Ada Bug, Prosesor Terbaru Intel Rawan Disusupi Malware

Telset.id, Jakarta – Intel baru saja mengumumkan bahwa ada bug berupa celah keamanan di jajaran prosesor terbaru mereka. Bug ini terdapat di jajaran prosesor Intel generasi ke-6 Skylake, generasi ke-7 Kaby Lake, dan generasi ke-8 Kaby Lake R dan Coffe Lake. Selain itu, prosesor Xeon dan Atom pun dikabarkan memiliki bug yang sama.

Engadget melaporkan bahwa bug ini memungkinkan para peretas untuk menyusupkan malware, yang salah satunya dapat mencuri data yang tersimpan dalam sebuah komputer, bahkan mengambil alih komputer seutuhnya. Hal ini dapat dilakukan melalui beberapa software teknologi yang dikembangkan oleh Intel untuk menjalankan prosesor mereka.

Salah satunya adalah melalui software bernama ‘Intel Management Engine’. Software ini merupakan salah satu software yang wajib di pasang untuk menjalankan prosesor Intel di sistem operasi.

[Baca juga: Tahun Depan, Pemindai Wajah Bakal ‘Ngetren’ di Android]

Hingga saat ini, pihak Intel disebutkan sudah berencana akan mengeluarkan patch untuk menambal lubang keamanan tersebut. Produsen chip asal Amerika tersebut mengaku sudah mengontak vendor komputer untuk melakukan update firmware mereka.

Namun untuk saat ini, Intel sudah mengeluarkan sebuah software untuk mendeteksi apakah komputer yang menggunakan prosesor tersebut terkena serangan peretasan atau tidak. Hal ini dilakukan agar pengguna dapat mengamankan data mereka dari serangan peretasan lebih lanjut. [NC/HBS]

SourceEngadget

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0