telset

Ada 4000 URL Phishing Mengintai Lewat Smartphone

Ilustrasi cyber crime
Ilustrasi cyber crime

Jakarta – Teknik pencurian data yang dilakukan para pelaku cyber crime telah berkembang sangat pesat dengan modus yang semakin beragam. Pelaku kejahatan di dunia maya kini tidak hanya ‘bergerilya’ lewat perangkat PC saja, tetapi sudah melancarkan aksinya melalui smartphone.

Salah satu teknik yang kini semakin bekembang dan banyak digunakan pelaku cyber crime adalah dengan teknik Phishing. Yaitu teknik yang memani

pulasi situs palsu yang telah diubah mirip dengan situs resmi,  sebagai cara untuk mencuri sejumlah informasi pengakses.

Teknik phising ini berkembang dengan sangat pesat. Pada tahun 2012 lalu, Trend Micro menemukan sekitar 4.000 URL mobile phishing yang telah didesain pada perangkat mobile.

Dari sekitar 4000 URL phishing tadi, 75% diantaranya memalsukan situs perbankan atau lembaga keuangan ternama. Sedangkan 2% di situs jejaring sosial, dan 4% di situs belanja online.

Trend Micro mengungkapkan, bahwa teknik ini berkembang karena beberapa keterbatasan platform yang bersifat opensource. Selain itu, sisi fisik perangkat mobile yang memiliki ukuran layar kecil ukuran layar yang diadopsi, mencegah pengguna dari pemerikasaan penuh sebuah website dari elemen keamanan anti-phishing.

Penyebab lainnya adalah, sebagian besar perangkat mobile menggunakan default browser yang mempermudah para pelaku cyber crime membuat satu skema serangan saja. Para phiser (istilah untuk pelaku phishing, red) hanya perlu fokus pada satu browser saja.

Pengguna dapat melakukan beberapa cara untuk menghindari terjadinya serangan phishing. Yakni dengan cara, pengguna bisa lebih berhati-hati saat mengakses tautan dari email. Jika memungkinkan, pengguna dapat mengetik secara manual situs yang ingin dikunjungi dan memberikan tanda atau menyimpan halaman situs tersebut (bookmark). [wnh/hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0