Acer Liquid S1

Nur Hamzah

 

Acer-Liquid-S1

Desain

Kami menilai bagian yang paling menarik dari Acer S1 ini terletak pada sisi belakangnya. Terutama bagian penutup baterai yang dibuat dengan aksen melengkung dan bahan yang terasa lebih lentur. Selebihnya kami nilai tidak ada yang istimewa dari tampilan bodi Liquid S1 ini. Secara keseluruhan balutan bodinya, dibuat dari bahan plastik doff dengan bezel yang terlihat tebal dan membuat sisi pandang layar menjadi menyempit. Selain itu, bodi-nya pun terasa lebih berat dengan adanya bahan sejenis alumunium yang digunakan pada sisi bodi sebagai garis penegas desain. Tak heran jika bobotnya mencapai 195 gram.

Tidak ada yang berubah pada desain tombol sentuh yang berada di bawah layar, sama seperti beberapa smartphone yang telah dihadirkan Acer. Desain ikonik tersebut seolah dibuat sebagai ciri khas yang menandakan produk hasil debutnya. Ikon tombol home screen dibuat dalam bentuk circle dan tombol recent aplikasi dibuat dengan bentuk desain dua kotak. Dan tombol back yang dibuat sangat sederhana dengan desain kurva.

Layar dan Interface

Liquid S1 menjadi ponsel yang paling besar diantara smartphone yang pernah dikeluarkan Acer. Vendor asal Taiwan ini menghadirkan layar seluas 5.7 inch yang dilengkapi teknologi LCD jenis TFT untuk smartphone barunya ini.

Secara umum memang tidak ada yang berbeda dengan tampilan antarmuka Acer Liquid S1 dengan ponsel Android 4.2 Jelly Bean lainnya. Hanya saja, produsen asal Taiwan ini menambahkannya dengan antarmuka kembangannya sendiri yang dinamakan Acer Float UI. Antarmuka ini didesain khusus untuk membantu pengguna beraktivitas lebih dari satu aplikasi, tanpa perlu menutup aplikasi yang sedang digunakan.

Sajian antarmukanya sendiri didesain dengan cantik, ditampilkan dengan sistem mengambang dan transparan yang selalu tampil di layar meski pengguna sedang menjalankan aplikasi lainnya, baik saat bermain game, mengakses internet maupun sedang beraktivitas melalui pesan instan. Namun sayangnya, hanya ada empat aplikasi yang bisa diaktifkan Acer Float UI tersebut, yaitu aplikasi kamera, calculator, notes dan google maps. Selain itu juga, aplikasi hanya bisa dipindahkan ke lokasi mana saja pada layar, akan tetapi tidak bisa mengubah ukuran dan tingkat transparansi jendela tersebut. Dan untuk mengaktifkannya, Anda bisa melakukan dengan cara menekan tombol recent apps beberapa detik.

 

 

 

 

 

 

 

 

Kamera

Untuk kamera, phablet ini mengandalkan dua buah kamera yang di letakkan pada bagian belakang dan depan bodi. Kamera utama yang berada di belakang tersebut menggunakan sensor sebesar 8MP yang telah dilengkapi dengan lampu LED Flash. Untuk fitur kameranya sendiri, Acer sudah melengkapinya dengan fitur HDR, Panorama dan beberapa efek warna untuk memaksimalkan hasil tangkapan gambar.

Kami menilai hasil tangkapan kamera utamanya kurang begitu baik menangkap gambar. Hasil yang diberikan masih menampakkan noise dan gambar yang dihasilkan masih terlihat kemerahan. Tetapi, saat pengambilan gambar di kondisi redup cahaya, bantuan lampu LED Flash mampu memberikan hasil tangkapan yang cukup terang. Meski hasil gambar masih menampakan sedikit noise.

 

 

 

 

 

 

 

 

Konektivitas

Liquid S1 bisa menampung dua kartu SIM dan dapat dioperasikan secara bersamaan. Kedua slot kartu yang disediakan sudah mendukung SIM card jenis Micro GSM, sehingga bagi Anda yang memiliki kartu GSM berukuran besar, harus memotong terlebih dahulu. Slot pada SIM card 1 sudah mendukung jaringan HSPA+, cukup bisa diandalkan untuk mengakses data. Sehingga SIM Card lainnya, bisa Anda fokuskan untuk akses panggilan suara atau hanya sekedar berkirim pesan SMS.

Teknologi jaringan nirkabel lainnya adalah Bluetooth class 4.0 dan WiFi. Phablet ini juga dilengkapi dengan fitur DLNA, untuk membagi file multimedia dengan perangkat lainnya melalui mediasi router. Dan yang cukup mengasyikkan adalah adanya fitur WiFi Link, fitur satu ini dapat difungsikan untuk menyambungkan phablet dengan televisi atau monitor yang juga mendukung  konektivitas WiFi. Sehingga Anda bisa mengalirkan file multimedia, baik itu gambar, dokumen presentasi, maupun video ke dalam layar yang lebih luas.

 

 

 

 

 

 

 

 

Multimedia

Meski bukan termasuk dalam genre ponsel musik, tetapi kualitas suara yang diberikan Acer Liquid S1 cukup mumpuni untuk didengar. Alunan suara yang diberikan nyaris terdengar tanpa distorsi, jenis audio seperti Treble dan Bass bisa diatur dalam settingan DTS Studio Sound. Anda cukup melakukan settingan dalam bilangan angka untuk menguatkan jenis audio tersebut. Sementara untuk video, jenis yang dapat diputar standar ponsel berbasis Android lainnya, seperti file MKV dan Xvid hingga resolusi 1080p.

Sedangkan pada menu galeri foto, gambar yang ada akan dikelompokkan dan ditampilkan dalam folder yang disesuaikan dengan waktu maupun tempat pengambilan. Selain itu, Anda juga bisa langsung melakukan pengiriman gambar maupun menghapusnya secara langsung dalam satu folder penuh. Namun, jika ingin melihat satu file gambar, maka Anda juga dapat langsung mengedit gambar tersebut dengan mengubah pewarnaan maupun ukuran dan sedikit memotong bagian gambar (crop).

Perfomance

Beruntungnya, Acer melengkapi Liquid S1 dengan fitur penghemat baterai ‘Power Saving,’ sehingga membantunya untuk mengelola pemakaian baterai dengan lebih hemat. Karena mustahil kekuatan baterai berkapasitas 2400 mAh yang dipakainya bisa bertahan lama. Karena biasanya penggunaan prosesor jenis Quad Core dan layar yang lebar akan lebih banyak mengkonsumsi daya. Ditambah lagi aplikasi dan koneksi data yang akan sangat menguras baterai, karena akan terus mencari sinyal dan memakan daya yang cukup besar.

Bechmark

AnTuTu              : 16664

Vellamo               : 1647

Nenamark           : 52.4 fps

Leave a Comment