telset

Acer Liquid E330

Acer Liquid e330Acer Liquid E330 memiliki desain bodi yang cukup ergonomis. Bentuknya sangat sesuai dengan lekukan tangan pada saat digenggam. Anda juga akan mendapatkan kenyaman lain yang diberikan dari material plastik yang terletak pada bagian belakang ponsel yang menggunakan warna hitam doff. Desainnya tidak terlihat kaku, berbentuk oval pada bagian atas dan bawahnya. Desain tersebut diimbangi juga dengan bobotnya yang terbilang ringan, 125 gram. Sehingga terasa pas saat dimasukkan kedalam saku celana ataupun kemeja.

Pada tampilan depan, Acer mendesain E330 ini dengan empat buah ‘soft key’ sebagai tombol pengaturan untuk mengakses menu, back, pencarian, dan rincian menu. Selain itu, Acer juga meng-embed fitur screen shot yang bisa diaktifkan dengan cara menekan tombol volume (-) bersamaan dengan tombol power, sehingga tidak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga. Yang menarik adalah penempatan speaker di bodi belakang dengan bentuk lingkaran, cukup memberikan nuansa berbeda dari smartphone lainnya.

Acer menanamkan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang dioperasikan dengan sistem full layar sentuh. Dengan sistem operasi Android ini, pengguna akan diberikan kemudahan dengan halaman penguncian yang bisa digunakan untuk langsung mengakses aplikasi.

Dalam keadaan default, terdapat ikon aplikasi kamera dan gembok, Anda bisa langsung mengakses kamera tanpa terlebih dahulu masuk ke menunya. Lebih cepat untuk memotret momen penting, sehingga tidak perlu lagi mengakses ke ikon gembok dan masuk ke menu kamera untuk mengakses aplikasi tersebut.

Secara default, sistem akan masuk dalam modus sleep. Dimana posisi layar akan redup otomatis jika tidak digunakan dalam waktu 15 detik. Posisi sleep tersebut, berfungsi untuk menghemat baterai. Namun, Anda bisa melakukan pengaturan waktu yang dingingkan pada menu display setting. Dan untuk mengaktifkannya, bisa terlebih dahulu menekan tombol power.

Untuk komunikasi, selain dapat digunakan untuk panggilan suara, E330 juga bisa digunakan untuk komunikasi data, baik untuk terhubung ke internet maupun melakukan panggilan suara melalui VoIP. Kualitas audionya cukup bagus, suara penelpon terdengar fokus dan jelas. Namun sayangnya, keterbatasan kamera depan membuat ponsel satu ini tidak bisa menikmati komunikasi tatap muka / video chatting.

Selain itu, ponsel ini sudah mendukung sistem Fixed Dialing number (FDN), yang diberikan oleh beberapa operator melalui settingan SIM cardnya. Fitur tersebut dapat dimanfaatkan untuk menonaktifkan beberapa nomor yang tidak diinginkan, tanpa harus memasang sebuah aplikasi. Hanya saja, Anda harus melakukan setting dipengaturan dengan terlebih dahulu memasukkan PIN yang diberikan operator.

Ponsel pintar ini menempatkan kamera berkapasitas 5 megapiksel yang dilengkapi dengan lampu LED Flash yang kami nilai cukup baik kinerjanya. Namun sayangnya, tidak ada fitur yang bisa dibanggakan, semua terlihat biasa saja. Acer Liquid E330 hanya menyematkan fitur untuk pengolah gambar standar seperti kebanyakkan ponsel yang ada saat ini. Hanya menyediakan fitur Exposure, White Balance, dan scene mode, untuk mengambil gambar dalam beberapa angle yang berbeda.

Meski memiliki kapasitas kamera besar, Acer tidak bisa memberikan hasil gambar bergerak kualitas HD (high definition), ponsel ini hanya bisa menangkap gambar video dalam resolusi maksimal berkualitas VGA. Dalam hal musik, kualitas suara yang diberikannya bisa diperdengarkan dengan baik. Suara tersebut dihasilkan karena Acer menempatkan dua speaker yang di fungsikan berbeda, suara musik keluar dari speaker Audio yang terletak dibelakang ponsel pada bagian belakang, tidak menyatu dengan speaker audio untuk panggilan telepon. Sehingga suarannya terdengar lebih fokus dan detail.

Untuk konektifitas, selain bisa beroperasi di empat frekuensi GSM dan dua frekuensi HSDPA, Acer liquid juga sudah dilengkapi Wi-Fi 802.11 b/g/n, dengan DLNA (digital living network alliance). Tentunya dengan kemampuan adanya Wifi DLNA tersebut, ponsel ini selain bisa dijadikan sebagai mobile router, maka Anda juga bisa berbagi file multimedia dengan mengaktifkan aplikasi “media server”. Melalui aplikasi tersebut, Anda dapat berbagi file multimedia seperti Musik, foto, Video dan file lainnya yang dapat diatur terlebih dahulu.

Anda bisa juga terhubung ke PC via kabel data, ponsel ini menyediakan port MicroUSB. Port ini juga dijadikan jalan masuk bagi charger. Saat dicoba mengkoneksikan ke PC, di layar ponsel muncul 2 pilihan fungsi, yaitu : ‘mobile network sharing’ (modem eksternal) dan ‘Use as USB Drive’. Dengan kata lain, ponsel ini bisa dijadikan sebagai modem untuk menghubungkan PC ke dunia maya.

Meski hanya ditopang dengan prosesor berkapasitas 1GHz single-core, dengan topangan memori RAM sebesar 512MB, proses pemilihan beberapa aplikasi berjalan lancar tanpa kendala. Beberapa program kualitas HD bisa lancara dimainkan. Kami coba dengan melakukan Benchmark dengan aplikasi Antutu, hasilnya menunjukkan angka 3158. Nilai tersebut tepat berada satu bar dibawah Galaxy Nexus S. Namun sayangnya, untuk memori penyimpanan yang diberikan Acer terbilang sangat minim. Hanya menempatkan kapasitas sebesar 436MB yang tersedia, tetapi Anda bisa memaksimalkannya dengan micro SD hingga sebesar 32GB.

Radio FM

FM Radio

Tidak ada yang spesial dari aplikasi Radio yang dibenamkan Acer, tetapi Anda dapat memanfaatkan RDS (Radio Data System) untuk mendapatkan gelombang Informasi yang didapat.

Polaris Viewer

Polaris Viewer

Untuk memudahkan pengguna, Acer menyematkan aplikasi ini untuk membuka file Office pengguna. Sehingga Anda tidak perlu lagi repot untuk mendowloadnya di Play Store.

Media Serve

Media server

Aplikasi ini dapat diaktifkan pengguna untuk berbagi file multimedia yang ada di dalam ponsel. Tapi untuk itu, Anda harus terkoneksi ke jaringan yang ada.

Spesifikasi

Dimension : 117 x 58.5 x 11.5 mm/ 125 gr
Screen : 3.7 inch, 480 x 800 piksel
Memory : Internal 436/ Support slot microSD up to 32GB/ RAM 512MB
Connectivity : HSDPA, Wifi, Bluetooth, micro USB
Camera : 5 megapiksel, 2592×1944 pixels
Processor : Qualcomm ARMv7, 1GHz, CPU Adreno 200
OS : Android OS, v4.0.4 (Ice Cream Sandwich)
Berita sebelumyaLG Optimus VU
Berita berikutnyaCross A10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0