91 Persen Perusahaan di Indonesia Sudah Transformasi Digital

Telset.id, Jakarta – Transformasi digital terus digeber sejumlah perusahaan, untuk persiapan implementasi IoT. Yang cukup menggembirakan, transformasi digital sudah dilakukan oleh sebagian besar perusahaan di Indonesia, terutama perusahaan besar atau industri di perkotaan.

Ini ditunjukkan oleh hasil survei yang dilakukan oleh Asia Business Platform yang menunjukkan sudah ada sekitar 91,1 persen perusahaan di Indonesia yang melakukan transformasi digital.

“Survei ini menunjukkan bahwa transformasi digital semakin meluas di perusahaan-perusahaan Indonesia. Tak heran apabila pebisnis semakin familiar dengan IoT,” ujar Direktur Asia IoT Business Platform Irza Suprapto di acara Konferensi Asia IoT Business Platform, Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Baca juga: Langkah Sukses Transformasi Digital di Industri Jasa Keuangan

Menurut Irza survei dilakukan pada awal tahun ini dengan melibatkan 1.573 responden perusahaan di berbagai bidang. Hasilnya, hanya 8,6 persen bisnis yang belum familiar dengan teknologi IoT pada 2018, atau turun dari 16 persen dari hasil survei tahun lalu.

Survei ini juga mengungkapkan 67,4 persen perusahaan merasa bahwa data analytic dan software business intelligence harus digunakan untuk meraih manfaat dari solusi Internet of Things (IoT) secara maksimal.

Baca juga: 3 Solusi Transformasi Digital ala Microsoft

Kendati demikian, survei ini mengungkapkan baru sebagian kecil pebisnis yang mendapat faedah nyata dari IoT, karena memang belum dirilis secara resmi oleh pemerintah.

“Hasil survei memang mendapati bahwa baru 8,4 persen pebisnis yang betul-betul telah merasakan manfaat dari implementasi solusi IoT, naik sedikit dari 5,1 persen pada tahun lalu,” kata dia.

Irza menjelaskan, bahwa dengan semakin banyak perusahaan yang mengimplementasikan transformasi digital, maka semakin terbuka tantangan-tantangan utama dalam pengimplementasian IoT di Indonesia pada masa depan.

Untuk itu, dia menilai diperlukan diskusi seperti Konferensi Asia IoT Business Platform edisi ke-25 untuk mempersiapkan implementasi IoT di Indonesia ketika nanti sudah dirilis secara resmi oleh pemerintah dan operator seluler sebagai penyedia layanan atau sarananya.

Baca juga: Ini Tiga Tantangan Transformasi Digital di Indonesia

Beberapa topik diskusi penting yang disoroti dalam konferensi ini, kata dia, antara lain perkembangan implementasi IoT, permasalahan yang ada, solusi yang bisa digali, dan berbagai inisiatif yang dapat mendorong pengadopsian IoT di Indonesia.

Seperti IoT Roadmap, Making Indonesia 4.0, dan Towards 100 Smart City. Secara khusus, akan didiskusikan soal implementasi IoT di industri transportasi dan logistik, e-commerce, perbankan dan keuangan. [WS/HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0