8 April 2014, Microsoft ‘Pensiunkan’ Windows XP

Windows XP
Windows XP

Jakarta – Hari ini Microsoft telah menyatakan akan mengakhiri dukungan untuk Windows XP.  Sistem operasi yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2001 tersebut akan mulai ‘dipensiunkan’ pada 8 April 2014 mendatang.

Ini artinya, mulai tanggal 8 April 2014 pengguna komputer yang masih menggunakan Windows XP tidak lagi menerima dukungan teknis dari Microsoft.

Melihat banyak kerentanan terhadap serangan virus dan tingkat keamanan yang rendah dari Windows XP, Micorosoft pun mengajak semua konsumennya untuk beralih ke sistem operasi yang lebih tinggi, karena Windows XP tidak bisa menghadapi tantangan yang ada saat ini.

Pengguna masih bisa menggunakan sistem operasi ini, hanya saja Microsoft tidak akan memberikan update dan layanan tambahan. Jika tidak menerima update, komputer akan rentan terjangkit virus. Windows XP memiliki tingkat keamanan yang rendah.

“Windows XP telah menjadi target yang menarik untuk para hacker dan pencipta malware lainnya,” ujar Michael Barner, Vice President and Research Director Microsoft, seperti dilansir webcast, Selasa (14/5).

Untuk itu, Microsoft pun menyarankan pengguna untuk beralih ke Windows 7 ataupun Windows 8. Selain soal keamanan, kinerja Windows XP juga kurang maksimal. Dan tidak lama lagi, dukungan driver Windows XP untuk hardware dan software akan semakin langka. Yang dianjurkan Micorosoft kepada konsumen adalah mulai bermigrasi ke Windows 8.

Di Indonesia sendiri, Microsoft menemukan dari 26 juta komputer, 11 juta diantaranya masih menggunanakan sistem operasi Windows XP. Sementara untuk pasar global, Windows XP memiliki pangsa pasar sebesar 38 persen.[LKH/HBS]

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0