75 Persen Pendapatan Industri Musik di AS dari Streaming

Telset.id, Jakarta – Era digital membawa perubahan signifikan dalam gaya hidup, termasuk kebiasaan mendengarkan musik. Dulu, penggemar musik biasanya mendengarkan radio dan menonton televisi atau kaset dan CD. Kini di era digital, orang lebih banyak mendownload di situs streaming berbayar.

Para generasi muda atau biasa disebut generasi milenial cenderung lebih memilih mendengarkan musik di platform atau aplikasi melalui video streaming.

Ini dibuktikan dari data Asosiasi Industri Rekaman Amerika yang menyatakan 75 persen dari total pendapatan industri musik berasal dari streaming, seperti dilansir The Verge, Jumat (21/9/2018).

Streaming melalui aplikasi musik seperti Spotify, Tidal, bahkan aplikasi radio dan video streaming seperti VEVO rupanya mampu menyokong pendapatan perusahaan rekaman. Itu diproyeksi bisa menyumbang industri ini hingga US$3,4 miliar atau mencapai Rp 50 triliun pada tahun ini.

Baca juga: Nonton Streaming Asian Games Bisa via Maxstream Telkomsel

Pengguna layanan streaming juga bertambah terus setiap hari, yang saat ini sudah mencapai sekitar 1 juta pendaftar anyar setiap bulan. Angka ini sebenarnya masih sangat sedikit jika dibandingkan jumlah orang yang benar-benar mendengarkan musik. Namun angka itu dinilai masih lebih besar ketimbang kategori-kategori lain di bisnis rekaman.

Asosiasi rekaman ini juga menunjukkan adanya korelasi antara kondisi ekonomi global yang agal lesu dengan penurunan pembelian album fisik antara 27 – 41 persen pada tahun ini. Tren penurunan ini sebenarnya sudah terjadi sejak beberapa tahun belakangan pasca merebaknya musik online.

Kendati begitu, tren album musik vinyl alias piringan hitam akhir-akhir ini juga menyokong kenaikan pendapatan mereka, tanpa merilis angka pastinya. Tapi ini juga tak cukup mengimbangi capaian pendapatan dari streaming.

“Ekonomi streaming musik menghadirkan banyak peluang dan juga tantangan baru. Menurut Nielsen akan ada lebih dari 70.000 album yang dirilis pada pertengahan tahun ini,” kata Asosiasi Rekaman.

Baca juga: Layanan Streaming Video Walmart Siap Hadang Netflix dkk

Menurut mereka, untuk mendulang kesuksesan dibutuhkan berbagai strategi dan langkah. Misalnya dengan melakukan cara tertentu untuk bersaing menggaet penonton yang dikelilingi berbagai pilihan musik.

“Bersaing untuk perhatian pengguna terhadap pilihan hiburan lainnya di smartphone yang ada di mana-mana dan menjadi terkenal di lusinan platform digital yang berbeda … sangat penting untuk kesuksesan,” imbuh mereka. [WS/HBS]

Sumber: The Verge

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0