74.1% Pengguna Android Berada dalam Pengawasan Pemerintah AS?

security-android-nexus

Jakarta – Apple telah mengambil sikap terhadap pemerintah AS dimana mereka tidak akan bisa lagi membuka perangkat yang telah terenkripsi untuk iOS 8 ke atas. Sama halnya dengan Apple, Google pun mengambil tindakan dengan mengaktifkan enkripsi secara default untuk Android versi 5.0 ke atas agar tidak dapat dibuka oleh pemerintahan federal.

Masalahnya, pengguna Android sekarang belum banyak yang menggunakan versi Android 5.0 apalagi versi diatasnya. Inilah mengapa perangkat Android lebih rentan disusupi dan diawasi oleh pemerintah AS.

Menurut data yang diperoleh oleh Google dari Kantor Jaksa New York, setidaknya ada sekitar 74% pengguna yang perangkatnya dapat dibuka dari jarak jauh. Para pemeriksa forensik mampu melewati kode akses pada beberapa perangkat tersebut dengan menggunakan berbagai teknik forensik.  Untuk beberapa tipe perangkat Android, Google dapat mereset kode akses tersebut dengan menyediakan surat perintah penggeledahan dan perintah untuk membantu penegakan hukum dalam mengambil data dari perangkat yang diawasi. Proses ini dapat dilakukan Google dan memungkinkan pemeriksa untuk melihat isi perangkat.

Untuk kasus ini, pengguna iOS relatif lebih aman karena 91% penggunanya berjalan dengan iOS8 atau lebih, sehingga enkripsi pada perangkatnya berjalan secara otomatis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI