6 Tren Transportasi yang Ubah Cara Kita Berpindah

Cadillac to debut V2V technology in 2017 Cadillac CTSJAKARTA – Ada enam teknologi transportasi yang akan jadi tren masa depan, dan sudah jadi perhatian para investor. Investor ventura sudah menaruh uang hingga US 5,7 miliar di bisnis transportasi tahun lalu, dua kali lipat dari investasi di ranah yang sama di 2013.

Seperti dikutip dari KPCB, beberapa startup di bidang transportasi bahkan menerima pendanaan luar biasa. Misal Uber yang meraup US$ 3 miliar, GrabTaxi (US$334 juta), Lyft (US$250 juta), BlaBlaCar (US$ 100 juta) dan INRIX (US$65 juta).

Nah, berikut adalah enam teknologi transportasi masa depan yang mungkin akan mengubah cara kita berpindah tempat. Check this out!

Kendaraan Tanpa Supir

Beberapa pabrikan mobil berlomba mengembangkan konsep mobil tanpa supir ini misal Tesla Autopilot, GM Cadillac Super Cruse. Bahkan kendaraan tanpa supir ini sudah siap produksi di 2016.

Kendaraan Terkoneksi

Di kuartal IV 2014, AT&T menambah pelanggan melalui paket data kendaraan roda empat sebanyak 500 ribu pelanggan, sementara tambahan pelanggan data smartphone hanya 466.000 pengguna dan pelanggan tablet bertambah 342.000 pengguna. Koneksi antar kendaraan bisa mereduksi kecelakaan fatal di jalan.  Karena antara satu mobil dengan mobil lainnya bisa saling terkoneksi atau paling tidak mendapat informasi mengenai trafik lalu lintas, rute tercepat, hingga informasi tentang status kendaraannya.

Collaborative Consumption

Untuk menekan jumlah kendaraan beredar di tahun-tahun mendatang butuh layanan kendaraan yang tepat, untuk itu layanan seperti Uber dan Zip Car akan booming di masa mendatang sebab menjawab kebutuhan mobilitas on demand.

Electric Drivetrain

Dengan kendaraan berbahan energi listrik, akan lebih hemat bahan bakar fosil. Serta menghasilkan emisi gas berkadar nol persen. Seiring dengan semaikin terbatasnya jumlah bahan bakar fosil maka energi listrik akan jadi pilihan utama.

Efficient Multimodal Network

Selain menggunakan mobil, ke depan para pengguna jalan akan terhubung dengan layanan transportasi multimoda. Beberapa stratup bahkan sudah membuat layanan aplikasi untuk memberikan informasi transportasi multimoda, misal untuk perjalanan ke luar kota, secara real time.

Material Baru hasil 3D Printing

Teknologi 3D printing akan membuat mobil masa depan memiliki material berbeda. Tentunya agar harga semakin murah dan ongkos serta biaya bahan bakar juga semakin irit. Dengan teknologi 3d printing sepertinya hal ini bisa dimungkinkan. (AI/HZ)

 

Sourcekpcb

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0