6 Juli, 4G Tahap Kedua Resmi Komersial

Menkominfo Rudiantara
Menkominfo Rudiantara

JAKARTA – Pemerintah berencana akan meresmikan digelarnya layanan 4G LTE secara komersial tahap kedua di 1.800 MHz pada 6 Juli 2015. Ada tiga kota yang dipilih untuk lokasi peresmian tersebut, yakni Makassar, Bali, dan Batam.

Layanan 4G LTE tahap kedua secara komersial secara serentak akan dilakukan oleh seluruh operator seluler di tiga kota pada 6 Juli mendatang. Gelaran 4G LTE tahap kedua ini akan diresmikan langsung oleh Menkominfo Rudiantara bersama seluruh direksi operator.

“Layanan 4G di 1.800 MHz akan kita resmi secara serentak di tiga kota pada tanggal 6 Juli,” kata Mekominfo Rudiantara di sela rapat kerja dengan Komisi I di gedung DPR, Senayan, Jakarta beberapa hari lalu.

Di tahap kedua ini, layanan 4G tak hanya digelar serentak oleh Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata di 1.800 MHz, tapi juga Smartfren Telecom ikut meresmikan 4G di spektrum 850 MHz.

“Saya kurang ingat detailnya. Tapi seingat saya, Smartfren di Batam, XL di Bali, dan lainnya di Makassar. Nanti saya di Makassar akan video conference dengan para dirjen yang ikut ke Bali dan Batam,” jelasnya.

Hingga saat ini, pita frekuensi 1.800 MHz masih belum rampung ditata ulang oleh para operator. Namun menteri ingin spektrum ini bisa cepat-cepat dioptimalkan untuk pengguna di Indonesia.

Itu sebabnya, ketiga kota ini didahulukan sebagai penanda saja bahwa 4G tahap kedua sudah langsung jalan sembari menyelesaikan penataan yang ditargetkan rampung akhir November 2015.

“Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya. Terhitung sejak awal 2016, semua kota besar di Indonesia sudah bisa menikmati layanan 4G LTE,” kata menteri yang akrab disapa Chief RA itu. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI