6 Inovasi Baru dari Ajang Google I/O 2013

New Google Maps
New Google Maps

Jakarta – Google baru saja membuka acara konferensi developer Google I/O 2013 di San Fransisco, Amerika Serikat (AS). Dalam acara tersebut Google mengumumkan beberapa inovasi baru pada layanan mereka.

Ada sejumlah inovasi baru menarik yang diperkenalkan Google di acara Google I/O 2013, seperti misalnya Google Play, New Google Maps, dan juga smartphone Nexus terbaru.

Berikut ini enam inovasi baru yang diungkap raksasa Internet tersebut di ajang Google I/O yang berlangsung mulai 15-17 Mei tersebut, seperti yang telsetNews kutip dari Business Insider, Kamis (16/5):

1. New Google Maps 3D

Google akhirnya memperkenalkan aplikasi pemetaannya New Google Maps. Kemampuan New Google Maps kali ini menghadirkan tampilan 3D, sehingga semakin membuatnya terlihat lebih canggih dan asyik saat digunakan.

Hal tersebut bisa didapat karena Google meningkatkan kemampuan fitur Satellite View, sehingga fitur ini semakin tampil luar biasa. Melalui menu earth view yang disediakan, pengguna tidak hanya dapat melihat Satellite View dari atas melainkan dalam tampilan 3D.

Hal menarik lainnya adalah sekarang Google Maps tidak hanya sekadar tampil sebagai penunjuk arah, New Google Maps sekarang juga memiliki kemampuan untuk mempelajari kebiasaan pengguna.

Misalnya, pengguna ingin mengetahui tempat makan yang menyajikan burger kesukaannya, maka pengguna tadi bisa dengan mudah memilih lokasi yang diinginkan  dengan cara mengetikkan keyword ‘burger’ pada field pencarian.

Selanjutnya New Google Maps akan langsung memberikan informasi yang dibutuhkan dengan menunjukkan lokasi restorang burger yang direkomendasikan. Dan semakin sering pengguna menggunakan fitur tersebut, maka New Google Maps akan mengenal kebiasaan penggunanya.

2. Google Play Music

Di ajang ini Google juga mengumumkan layanan Google Play Music All Access. Layanan streaming musik tersebut memungkinkan pengguna untuk mendengarkan lagu pilihannya dengan hanya membayar USD 9,99 per bulan.

Disebutkan bahwa Google Play Music All Access kini memiliki koleksi musik hingga jutaan lagu yang dapat dinikmati baik lewat perangkat mobile maupun langsung menggunakan web browser.

3. Google Play Cloud Save

Google Play kini memiliki fasilitas Game Center dengan memanfaatkan layanan awan (cloud) seperti yang dijalankan Apple. Dengan memiliki game center ini pengguna Android dapat menyimpan progres game yang sedang dimainkannya pada layanan yang disebut Cloud Save.

Dengan memanfaatkan Cloud Save ini, pengguna Android kini dapat memainkan game yang meraka suka pada smartphone-nya. Pengguna kemudian bisa melanjutkan game yang dimainkan tersebut menggunakan perangkat tablet PC.

4. Desain Baru Google+

Layanan jejaring sosial Google+ mendapat sentuhan baru dari Google. Raksasa internet tersebut melakukan redesain pada sejumlah fitur yang dimiliki Google+ yakni Google+ Stream, Hangouts dan Photo.

Tampilan Google+ Stream hadir lebih segar dengan tampilan tiga kolom. Sedangkan fitur Photo kini memungkinkan penggunanya untuk mengupload gambar dengan resolusi tinggi. Kelebihan ini belum ditemui di Facebook dan Instagram.

Hal baru lainnya adalah, Google+ Hangout kini juga telah hadir di Android dan iPhone. Di dalamnya Google juga menambahkan Google Talk. Ini artinya, layanan tersebut untuk pertama kalinya hadir untuk perangkat iPhone.

5. Fitur-fitur Baru untuk Google Now

Google Now mendapatkan sejumlah fitur baru. Fitur-fitur baru tersebut itu seperti misalnya reminder, music albums, TV shows, dan public transit bakal pengguna temui pada Google Now mendatang.

Google Now juga sekarang terintegrasi dengan Chrome, web browser milik Google. Dengan kehadiran Google Now di Chrome, maka kini pengguna dapat mengoperasikan Chrome dengan perintah suara.

6. Samsung Galaxy S4 Google Edition

Google juga memanfaatkan ajang Google I/O untuk mengumumkan kehadiran Samsung Galaxy S4 Google Edition. Smartphone Android terbarunya dengan Samsung ini sebenarnya bukan smartphone Android Google yang benar-benar baru.

Tidak banyak perbedaan antara Samsung Galaxy S4 Google Edition dengan seri Galaxy S4 yang sudah beredar di pasaran saat ini. sistem operasi yang dibenamkan tetap Jelly Bean 4.2. Begitu juga prosesor, RAM, layar, hingga fiturnya sama persis dengan S4.

Perbedaannya hanya terletak pada tampilan antarmukanya saja. Samsung S4 Google Edition ini hadir tanpa antarmuka TouchWiz yang dikembangkan oleh Samsung.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0