5 Fitur Menarik di Galaxy S4

Samsung Galaxy S4 Hands-on

Jakarta – Dalam acara peluncuran smartphone Samsung Galaxy S4 di Indonesia, pihak Samsung memamerkan ragam teknologi baru yang ikut menghiasi kehadiran smartphone flagship terbarunya tersebut.

Seperti diketahui, Galaxy S4 masuk pasar Indonesia dalam versi prosesor Octa Core. Spesifikasi ini merupakan paling tinggi saat ini untuk kelas smartphone. Prosesor besar tersebut dipakai Samsung untuk menyokong 9 sensor yang ada pada Galaxy S4 untuk aktif berjalan.

“Samsung Galaxy S4 memiliki 9 sensor yang bekerja dengan fungsi yang berbeda, Anda bisa memanfaatkan bagian tubuh yang akan di deteksi melalui sensor ini untuk mengoperasikan S4,” jelas Febris Rusli, Product Marketing Manager Samsung Mobile, di sela acara peluncuran Galaxy S4, di Jakarta, Kamis (2/05)

Saat acara peluncuran Galaxy S4 di Jakarta kemarin, telsetNews berkesempatan mencoba smartphone yang dibanderol dengan harga Rp 7,5 juta ini. Berikut ini 5 teknologi yang menarik yang ada di Samsung Galaxy S4:

1. Prosesor Octa Core

Prosesor Octa Core S4

Samsung menggunakan prosesor jenis Octa Core atau prosesor dengan 8 inti, untuk membantu kinerja Galaxy S4. Nama prosesor tersebut adalah Exynoss 5, yang dikemas dengan sebuah SoC (Single on Chip).

Namun sebenarnya Samsung tidak ‘mentah-mentah’ menggunakan prosesor 8 inti tersebut didalam Galaxy S4. Ada dua prosesor yang masing-masing memiliki kekuatan quad core, yaitu Cortex A15 dan Cortex A7.

“Ada dua prosesor yang bekerja di dalam S4, satu memiliki kekuatan 1.6GHz dan satu lagi memiliki kekuatan 1.2GHz, sehingga mereka bekerja sendiri-sendiri,” terang Febri.

Sebagai gambaran cara kerjanya, Exynos 5 akan bekerja dengan diatur oleh sistem untuk menyesuaikan load yang harus terlebih dulu dijalankan. Prosesor tidak bekerja secara bersamaan, tetapi sistem akan memerintahkan masing-masing prosesor untuk penyesuaian.

Bila sistem membutuhkan kinerja tinggi, seperti memainkan game tinggi 3D. Maka Cortex A15 tersebut akan mengeksekusinya. Sedangkan, untuk kebutuhan sistem yang hanya menjalankan program tidak terlalu berat maka Cortex A7 akan mengambil alih, yang memiliki daya lebih rendah.

2. Layar

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Galaxy S4 menggunakan layar Super AMOLED dengan dimensi 5 inch resolusi 1920 x 1080 piksel dengan size piksel 441 ppi. Dengan paduan Super AMOLED dan pengaturan layar yang menggunakan pengaturan RGBG PenTile subpixel, maka layar akan mampu menghasilkan warna yang begitu detail. Teknologi ini memanfaatkan pengaturan warna, dengan memasukkan atau memetakan salah satu pixel dengan lebih menguatkan warna hijau.

Selain itu, dalam layar juga disematkan sebuah pengaturan Adapt Display. Melalui sensor RGB, yang diletakkan pada bagian kiri layar, sensor ini mendeteksi cahaya dari lingkungan sekitar untuk mengatur tingkat kecerahan dan ketajaman layar, agar nyaman untuk pengguna dalam berbagai keadaan.

3. Smart Scrool

Fitur Smart Scroll-Pause di  Galaxy S4
Fitur Smart Scroll-Pause di Galaxy S4

Untuk menikmati ragam fitur teknologi baru dalam S4. Pengguna harus terlebih dahulu mengaktifkannya dalam menu pengaturan. Termasuk di dalamnya fitur smart scroll dan smart pause.

Fitur smart scrool memiliki dua pengaturan berbeda, Anda dapat mengendalikan mata untuk menggulirkan sebuah halaman website, atau mengendalikan guliran tersebut dengan gerakan tangan. Fitur ini dapat diaktifkan dalam menu pengaturan, my device lalu bisa mengaktifkannya di dalam menu smart screen.

Untuk mengoperasikannya, Anda harus mengaktifkan dulu fitur smart scroll, setelah itu akan muncul ikon virtual mata. Maka pengguna baru bisa menikmati sistem gulir halaman dengan pengoperasian mata.

Seperti halnya dengan pengaturan mata, untuk fitur tile/ gerakan tangan juga harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Dan setelah muncul ikon virtual tangan kurang lebih 1 hingga 2 detik, untuk Anda sudah bisa mengoperasikannya.

Samsung juga menyematkan sensor Proximity, Gyrosensor dan teknologi Finger Hovering untuk memanipulasi dan mengenalkan beragam perintah dari bagian tubuh manusia, termasuk pengendalian mata dan mengukur tingkat suhu dan jari manusia.

4. Kamera

Dual Camera Galaxy S4

Banyak fitur baru dalam kamera yang ditanamkan Samsung dalam Galaxy S4. Seperti halnya, eraser, panorama, rich tone, sport, animated photo, drama, sound & shot dan best face. Semua fitur tersebut, dapat dipakai langsung saat pengguna mengaktifkannya pada pengaturan kamera yang akan secara otomatis tampil pada saat fitur kamera aktif.

Kamera yang digunakan Samsung sendiri menggunakan resolusi 13MP pada bagian belakang, dan sebesar 2MP pada bagian depan. Kedua kamera tersebut dapat dipakai secara bersamaan. Bahkan saat pengambilan video maupun foto.

5. S Translator

S Translate

 

Tidak berbeda jauh dengan fungsi yang ada pada Google translate, dengan aplikasi S Translator  pengguna bisa melakukan terjemahan bahasa dalam dua fungsi. Pengguna bisa melakukan terjemahan dengan voice maupun dengan teks, yang dapat dipakai langsung.

Hanya saja sayangnya untuk mengaktifkan fitur S Translator pengguna harus terkoneksi dengan internet. Berbeda dengan yang ada pada Google Translate yang dapat dipakai dalam kondisi off-line.

Untuk saat ini baru ada sembilan bahasa yang bisa dipakai dalam S Translator, yakni Inggris (U.K), Inggris (US), Korea, China, Jepang, Italia, Portugis, Jerman, dan Spanyol.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0