5 Aplikasi Penghemat Kuota Paling Ampuh, Bisa “Ngirit” Banyak

Aplikasi Penghemat Kuota
5 Aplikasi Penghemat Kuota Internet

Telset.id, Jakarta – Aplikasi penghemat kuota banyak dibutuhkan untuk membantu mengelola kuota internet yang digunakan agar tidak boros dan tetap awet hingga masa aktifnya berakhir.

Seperti yang telah dirasakan, kuota internet telah menjadi kebutuhan primer manusia zaman sekarang. Tak memiliki kuota saat ini rasanya bisa begitu menggelisahkan.

Seseorang yang sudah terbiasa mengakses internet setiap hari akan merasa terpisah dari dunia saat tidak memiliki kuota. Berbagai cara pun dilakukan, salah satunya mencari koneksi WiFi terdekat atau meminta teman untuk berbagi hotspot.

Aplikasi Penghemat Kuota Terbaik

Daripada seperti itu, ada cara yang jauh lebih mudah dan menenangkan, yakni download aplikasi penghemat kuota di smartphone yang digunakan.

Berikut ini 5 aplikasi penghemat kuota terbaik yang bisa dipasang di HP untuk membantu mengatur pengeluaran kuota internet setiap hari.

1. My Data Manager

Aplikasi Penghemat Kuota
My Data Manager

Salah satu aplikasi penghemat kuota terbaik yang bisa diunduh dan dipasang di smartphone adalah My Data Manager. Aplikasi ini berfungsi untuk melacak jumlah data yang telah digunakan dalam rentang waktu tertentu, sehingga pengguna bisa mengatur penggunaan kuota dengan lebih baik.

Mengetahui jumlah data yang telah digunakan tentu sangat bermanfaat agar nantinya pengguna tidak kehabisan kuota internet secara mendadak.

Tak cuma itu, My Data Manager juga akan memberi tahu pengguna mengenai daftar aplikasi yang paling banyak menyedot kuota internet dan memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan aplikasi-aplikasi boros kuota tersebut.

Aplikasi hemat kuota ini juga bisa membaca penggunaan data saat posel terkoneksi dengan jaringan WiFi.

2. Internet Speed Meter Lite

Internet Speed Meter Lite

Aplikasi penghemat kuota terbaik selanjutnya adalah Internet Speed Meter Lite. Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi pengelola kuota internet ini juga berguna untuk mengontrol pemakaian kuota internet agar tidak berlebihan dan cepat habis.

Para pengguna akan disajikan data penggunaan kuota internet harian, mingguan, hingga bulanan. Selain itu, aplikasi ini juga akan menginformasikan peringkat aplikasi paling banyak menghabiskan kuota.

Dengan begitu, pengguna bisa mengatur aktivasi aplikasi yang paling boros dengan menonaktifkannya secara sementara, sebelum mengaktifkannya kembali saat hendak digunakan.

Keunggulan lain dari Internet Speed Meter Lite selain mampu menghemat kuota internet adalah tidak menghabiskan daya baterai seperti aplikasi penghemat kuota kebanyakan.

{Baca juga: Baca Juga: Youtube Shorts Resmi Jadi Pesaing TikTok, Apa Istimewanya?}

3. Data Usage Monitor

Data Usage Monitor

Hebatnya perkembangan teknologi saat ini bisa tercermin dari aplikasi penghemat kuota. Bagiamana tidak? Seseorang bisa menghemat kuota internet di ponselnya dengan memanfaatkan aplikasi di ponsel tersebut.

Jika Anda ingin download aplikasi penghemat kuota internet untuk android, Data Usage Monitor bisa jadi pilihan yang tepat.

Aplikasi ini sengaja dibuat untuk membantu penggunanya dalam mengontrol pemakaian kuota internet yang kini harganya semakin mahal.

Pengguna diberi keleluasaan untuk mengatur aplikasi apa saja yang boleh menggunakan banyak kuota internet, dan sebaliknya, aplikasi apa saja yang perlu dibatasi dalam menggunakan internet.

{Baca juga: Aturan Berlaku, Masyarakat Harus Cek IMEI Sebelum Beli Ponsel}

4. Data Usage

Aplikasi Pengatur Kuota Internet
Data Usage

Siapa yang tidak pusing saat penggunaan kuota internet boros? Pasalnya, semakin cepat kuota habis, maka semakin banyak uang yang harus dikeluarkan untuk mengisi ulang paket internet.

Jika Anda memiliki masalah serupa, tak perlu khawatir, aplikasi Data Usage akan membantu Anda menyelesaikan masalah ini.

Data Usage memiliki banyak fitur menarik yang fungsional, seperti usage status, Monitor Mobile Data and Wi-Fi in real time, set usage alerts, dan masih banyak fitur lainnya.

Aplikasi yang dikembangkan oleh oBytes ini juga memiliki fitur wdiget dengan tampilan yang elegan.

Tertarik menggunakannya? segera download aplikasi penghemat kuota internet terbaik satu ini.

5. 3G Watchdog

Aplikasi Penghemat Kuota
3G Watchdog

Menghemat kuota internet memang bukanlah sesuatu yang mudah, karena kita tidak bisa memegangnya secara nyata. Hal itu juga yang sering membuat seseorang merasa kesulitan dalam mengatur penggunaan paket internetnya.

Kondisi semacam itu tidak akan terjadi setelah mengunduh salah satu aplikasi penghemat kuota internet terbaik untuk smartphone, 3G Watchdog.

Para pengguna akan disuguhkan tiga garis dengan warna berbeda di dalamnya. Setiap warna menandakan kapasitas kuota internet yang sedang dipakai oleh pengguna.

Warna hijau berarti penggunaan kuota internet dan sisa yang dimiliki masih cukup aman, sedangkan warna kuning berarti kuota internet yang dimiliki sudah berkurang cukup banyak sehingga pengguna harus mulai menghemat.

Sementara warna merah menunjukkan bahwa paket internet yang dimiliki tinggal sedikit alias nyaris habis.

Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk menentukan target penggunaan kuota internet setiap hari, minggu, maupun bulan. [MS/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here