4G XL Selimuti Seluruh Jawa Timur

Telset.id, Jakarta – XL Axiata terus memperluas layanan 4G LTE di wilayah Jawa Timur, dengan meresmikan layanan 4G XL di Jawa Timur, yakni di 22 kota/kabupaten.

Dengan begitu, per Juni 2017 ini sudah ada 38 kota dan kabupaten yang ada di Jawa Timur telah terjangkau oleh layanan internet cepat dari XL.

“Dengan peresmian XL 4G LTE di 22 kota dan kabupaten di Jawa Timur ini, berarti kini layanan XL 4G LTE sudah masuk semua kota dan kabupaten yang ada di Jawa Timur,” kata Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya, dalam keteranganya pers yang diterima Telset.id, Senin (12/6/2017).

Ke-22 kota dan kabupaten di Jawa Timur yang mendapatkan perluasan layanan 4G LTE tersebut adalah Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Jombang, Kabupaten Lamongan.

Kemudian di Kabupaten Tuban, Kabupaten dan Kota Blitar, Kabupaten dan Kota Kediri, Kabupaten Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Nganjuk, dan Kabupaten Ngawi.

Selanjutnya, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Lumajang, Kabupaten dan Kota Pasuruan,  Kabupaten dan Kota Probolinggo, Kabupaten Situbondo.

[Baca juga: XL Perluas Jangkauan Jaringan 4G di Jawa Barat]

Yessie mengakui, tahun ini XL memang sangat agresif untuk terus memperluas cakupan wilayah layanan 4G LTE. Kebijakan ini tidak terlepas dari pencapaian pertumbuhan pelanggan dan trafik data yang juga terus meningkat saat ini.

“XL Axiata tercatat memiliki 31,2 juta pelanggan smartphone hingga akhir kuartal pertama 2017, meningkat 52% dari periode yang sama tahun lalu,” terang Yessie.

Menurutnya, pertumbuhan pelanggan smartphone ini sangat berarti karena rata-rata konsumsi data pengguna smartphone juga meningkat secara signifikan, lebih dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Hal ini tidak terlepas dari meningkatnya penggunaan smartphone, termasuk yang berkemampuan 4G LTE pada pelanggan.

“Tingkat konsumsi pelanggan atas layanan 4G LTE kini mencapai lebih dari 1,5x dari rata-rata konsumsi smartphone,” imbuhnya.

[Baca juga: Terkait SMS Penipuan 99737, Ini Upaya Preventif XL]

Di Jawa Timur, lanjut Yessie, selama satu tahun terakhir tercatat adanya pertumbuhan akses ke layanan data digital hingga sekitar 62%. Peningkatan terjadi di semua kabupaten/kota di Jawa Timur.

Dari total pelanggan XL di Jawa Timur sekitar 6,3 juta, kurang lebih 68% di antaranya aktif memanfaatkan layanan data.

Sementara jumlah pelanggan XL di provinsi ini yang menggunakan smartphone 4G juga terus meningkat. Tercatat hingga akhir Maret 2017 tidak kurang dari 1,9 juta pelanggan telah menggunakan smartphone 4G di Jawa Timur.

Ia menuturkan, setelah semua kota dan kabupaten di Jawa Timur terjangkau layanan 4G LTE, XL secara bertahap akan terus meningkatkan kualitas jaringan di area yang sudah terlayani seiring dengan peningkatan trafik dan pelanggan.

Sementara itu perluasan jaringan internet berkecepatan tinggi ini akan terus dilakukan ke area-area pinggiran kota dan kota-kota kelurahan.

[Baca juga: Pengguna 4G Meningkat, XL Siapkan Ekosistem Pendukung 4.5G]

Untuk 22 kota dan kabupaten yang baru mendapatkan layanan 4G LTE telah didukung oleh penambahan jangkauan 4G lebih dari 540 BTS 4G.

Sekitar 670 BTS 4G juga di tambahkan untuk perluasan jangkauan di kota-kota yang sudah memiliki jaringan 4G. Dengan demikian, saat ini total di Jawa Timur telah beroperasi lebih dari sekitar 2.200 BTS 4G LTE

Sementara secara nasional, saat ini XL telah menyediakan layanan 4G di 250 kota/kabupaten di berbagai wilayah Indonesia. Total jumlah pelanggan XL yang menggunakan 4G lebih dari 15 juta.

XL menargetkan, sampai akhir tahun 2017 akan mampu menjangkau 330 kota/ kabupaten, yang ditopang total lebih dari 17 ribu BTS 4G.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI