4G Telkomsel Sudah Ada di Manado

Telkomsel 4G LTE di Manado
Acara peresmian 4G LTE di Manado (tsel)

JAKARTA – Setelah menyambangi 7 kota, yakni Bali, Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar, dan Lombok, hari ini Telkomsel kembali memperluas jangkauan layanan 4G LTE ke kota Manado, Sulawesi Utara. Kota Manado sendiri menjadi kota ketiga yang menikmati 4G di frekuensi 1.800 MHz, setelah sebelumnya Lombok dan Makasar.

Telkomsel menggelar layanan 4G LTE di Manado Telkomsel di frekuensi 1800 MHz dengan lebar pita 10 MHz. Diharapkan dengan semakin luasnya jangkauan jaringan 4G LTE ini, pelanggan dapat menikmati mobile broadband dan layanan digital lifestyle di berbagai lokasi di Indonesia.

“Manado merupakan salah satu kota di Indonesia Timur yang mengalami peningkatan konsumsi penggunaan layanan data, dan untuk itu kami menjawabnya dengan layanan 4G LTE yang dapat diandalkan,” kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah.

Ririek mengungkapkan, bahwa pertumbuhan penggunaan layanan data di Manado dapat terlihat dari angka peningkatan konsumsi data selama semester I 2015, yakni sebesar 30% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Jumlah pelanggan data di Manado saat ini berjumlah sekitar 45% dari total pelanggan Telkomsel di kota tersebut. “Saat ini sudah terdapat sekitar 30 ribu pelanggan Telkomsel yang menggunakan handset 4G,” ujarnya.

Manado adalah kota ketiga digelarnya layanan Tekomsel 4G LTE di frekuensi 1.800 MHz secara komersial menggunakan pita selebar 10 MHz. Pihak Telkomsel mengklaim layanan 4G-nya mampu mencapai kecepatan 75 Mbps.

Untuk menggelar layanan 4G di Manado, Telkomsel membangun 35 eNode B (BTS 4G) yang mencakup lokasi-lokasi strategis di Kota Angin Mamiri itu. Seperti di kawasan Mega Mall, Manado Town Square dan kawasan bandara.

“Untuk menggelar layanan 4G ke kota baru, kami selalu memastikan bahwa jaringan kami telah meliputi 80% atau mencakup sebagian besar wilayah tersebut, dan bukan hanya di titik-titik tertentu saja,” jelas Ririek.

Selain itu, lanjutnya, ketersediaan perangkat dan aplikasi yang sesuai juga berperan penting dalam membangun ekosistem 4G di suatu wilayah baru. Untuk itu, Telkomsel menggelar roadshow Telkomsel 4G LTE Carnival, yang diadakan 9-11 Oktober 2015 di Manado Town Square.

Pelanggan di Manado sudah dapat menukarkan SIM card mereka dengan uSIM, ataupun mendapatkan kartu perdana 4G simPATI dan kartuHALO di pusat layanan pelanggan Telkomsel GraPARI.

Saat ini secara nasional Telkomsel memiliki lebih dari 1.200 BTS 4G dengan sekitar 1,3 juta  pelanggan 4G. [HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI