400 Unit COMBAT Telkomsel Siap Kawal Natal dan Tahun Baru

Dirut Telkomsel Alex Sinaga resmikan 400 unit COMBAT (Tsel/telsetNews)
Dirut Telkomsel Alex Sinaga resmikan 400 unit COMBAT (Tsel/telsetNews)

Jakarta – Peningkatan trafik komunikasi selalu terjadi pada saat Natal dan Tahun Baru. Untuk menyambut dua momen besar di akhir tahun itu, Telkomsel meluncurkan 400 unit Compact Mobile BTS (Base Tranciever Station) atau yang biasa disingkat COMBAT.

Acara peluncuran 400 unit COMBAT tersebut digelar di Lapangan Tegalega Bandung, Senin (18/11). Peresmian dihadiri oleh Direktur Utama Telkomsel, Alex J. Sinaga dan jajaran direksi lainnya disaksikan para mitra Telkomsel.

Disebutkan, bahwa COMBAT yang diluncurkan ini difokuskan untuk  menjamin kualitas jaringan Telkomsel menjelang momen Hari Natal 2013 dan Tahun Baru (NARU) 2014 agar tetap prima.

“Hingga saat  ini kami telah membangun dan mengoperasikan lebih dari 67 ribu BTS di seluruh Indonesia dengan kantor layanan di lebih dari 410 titik,” kata Alex J. Sinaga.

Beberapa waktu lalu, lanjut Alex, Telkomsel juga telah meluncurkan dan mengoperasikan 268 unit Mobile Grapari yang bertujuan untuk memberikan layanan kepada masyarakat hingga ke pelosok negeri.

“Kini COMBAT dengan teknologi dan varian terbaru kami hadirkan untuk menjamin kualitas jaringan di wilayah-wilayah tertentu yang memiliki kebutuhan khas dalam waktu yang cepat, khususnya saat momen hari Natal dan Tahun Baru,” jelasnya.

COMBAT telah dioperasikan oleh Telkomsel sejak  tahun 2001 yang ditujukan untuk   memenuhi kebutuhan pelanggan akan jaringan seluler secara fleksibel, khususnya yang bersifat tidak tetap.

COMBAT  dialokasikan di seluruh wilayah Indonesia khususnya di lokasi-lokasi yang membutuhkan percepatan penggelaran jaringan namun kurang mendukung dari sisi ketersediaan lahan.

Khusus untuk NARU tahun ini, Telkomsel menambahkan 400 unit COMBAT baru, dengan lima tipe disain terbaru yang lebih fleksibel dan lebih cepat proses instalasinya dan lebih tepat sasaran disesuaikan dengan kondisi wilayahnya. Kelima COMBAT tipe terbaru tersebut memiliki spesifikasi sebagai berikut :

COMBAT CRUISER (Compact Radio Unit Raised On Rig) dengan ketinggian antena sekitar 42 meter, merupakan unit yang  berfungsi sebagai BTS semi permanen untuk melayani daerah baru sambil menunggu proses perampungan BTS permanen.

COMBAT VELOCE (Vehicle Supported Cell) dengan ketinggian antena 10-15 meter, berfungsi sebagai perangkat penyedia jaringan saat terjadi bencana dan solusi bagi area tertentu yang mengalami kepadatan trafik jaringan secara mendadak.

COMBAT ARROW (Adaptable Radio Unit On Wheels) yang maksimum ketinggian antenanya 15 meter. Memiliki disain yang memperhitungkan estetika sehingga dapat ditempatkan di area publik dan multifungsi sebagai lampu penerang sekaligus mendukung ketersediaan jaringan untuk wilayah padat pengguna jaringan seluler.

COMBAT RUSH (Rooftop Unit With Smart Handling) ketinggian antenanya mencapai 6 meter. Biasanya ditempatkan di bagian atap bangunan tinggi seperti hotel untuk mendukung kebutuhan jaringan pada bangunan tersebut seperti layaknya BTS konvensional.

COMBAT SPRINT (Smart Portable Radio Unit) merupkan unit yang paling ringkas dengan ketinggian antena hanya 3 meter,  peruntukannya adalah ruangan seperti ballroom dan ruang pertunjukan dalam gedung lainnya.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI