20 Tahun Lagi Robot Ambil Alih Pekerjaan di Jepang

JAKARTA –  Seiring perkembangan teknologi, kehidupan di masa depan diyakini akan serba otomatis lewat bantuan robot. Bahkan para ahli di Jepang meramalkan, dalam waktu 20 tahun ke depan, setengah dari pekerjaan yang dilakukan manusia sekarang akan dijalankan robot.

Menurut studi yang belum lama ini dilakukan oleh Nomura Research Institute (NRI), sekitar 49% pekerjaan di Jepang akan digantikan oleh sistem komputer di tahun 2035 mendatang.

Namun, menurut Yumi Wakao, peneliti yang melakukan studi tersebut, ini hanyalah “perhitungan teknik hipotesis” dan tidak menyertakan faktor-faktor sosial. Lalu pekerjaan apa saja yang berpotensi diambil alih oleh sistem komputer?

Menurut NRI jenis pekerjaan seperti kasir, pengiriman barang dan proses produksi sebagian besar akan terkena dampak otomatisasi. Sementara pekerjaan yang melibatkan interaksi per individu, kreativitas atau pertimbangan masih belum bisa tergantikan oleh sistem komputer.

Jadi jika Anda seorang sosiolog, seorang pelatih anjing, seorang musisi atau copywriter, pekerjaan Anda mungkin masih aman dari serbuan tenaga robot hingga 20 tahun ke depan.

Menariknya, awal tahun ini sebuah hotel di Jepang menjadi yang pertama untuk mencoba mengganti semua staf dengan robot. Bahkan, hotel ini dirancang memiliki robot untuk melayani tamu, termasuk penanganan bagasi dan memeriksa masuk dan keluar tamu dari hotel.

Apakah model ini terbukti sukses atau tidak, masih diperdebatkan. Tetapi mengingat semakin minimnya  penduduk Jepang yang berusia produktif, maka tidak akan mengejutkan jika kita akan melihat banyak pekerja robot di Negeria Sakura itu di tahun-tahun mendatang.[HBS]

SourceBGR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0