Mulai 2018, Apple Dandani iPhone dengan Layar OLED

iPhoneJAKARTA – Apple berencana untuk mendandani iPhone dengan layar OLED mulai 2018 nanti. Demikian dilaporkan situs Jepang, Nikkei, belum lama ini. Perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat itu konon telah memberitahu pemasok tentang rencana masa depannya.

Menurut MacRumors, Kamis, (26/11), dua perusahaan raksasa asal Korea, LG Display dan Samsung Electronics kemungkinan akan berbagi sebagian besar produksi panel OLED-nya untuk iPhone masa depan. Jika kabar yang beredar adalah benar, keputusan Apple untuk beralih ke layar OLED ini bisa memiliki implikasi besar bagi pemasok layar LCD Apple saat ini, yakni Sharp dan Japan Display. Kedua perusahaan ini konon menggantungkan 30 persen bisnisnya pada Apple.

“Samsung Electronics saat ini merupakan satu-satunya perusahaan yang dapat dipercaya untuk memproduksi secara massal layar smartphone OLED. LG Display memiliki track record untuk memproduksi OLED untuk layar televisi. Mengingat ini, kedua perusahaan kemungkinan akan memasok sebagian besar layar Apple…

Pergeseran Apple ke layar OLED akan memiliki implikasi besar untuk dua pemasok Jepang – Sharp, yang berjuang untuk membangun kembali bisnisnya yang goyah, dan Jepang Display, yang 30 persen bisnisnya bergantung pada raksasa komputasi,” kata laporan tersebut.

Karena tingginya volume iPhone yang dikapalkan Apple, dan tantangan teknis memproduksi layar OLED, laporan mengklaim bahwa perusahaan kemungkinan akan terus menjual iPhone dengan layar LCD bersama model baru yang dibekali layar OLED.

Merek smartphone populer Samsung, Galaxy dilengkapi dengan layar AMOLED, seperti Apple Watch, tetapi iPhone selalu memiliki layar LCD sejak model asli diluncurkan lebih dari delapan tahun yang lalu.

Memang, layar OLED dapat memberikan gambar yang lebih tajam dan warna yang lebih cerah dibandingkan dengan layar LCD, namun layar jenis ini umumnya memiliki umur lebih pendek dan biaya produksi yang lebih tinggi. Dikabarkan Apple telah melakukan “konsultasi dengan pembuat layar” tentang teknologi OLED untuk menghilangkan kelemahan potensial.

Analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo baru-baru ini mencatat bahwa Apple tidak mungkin untuk mengadopsi layar AMOLED untuk iPhone selama setidaknya tiga tahun, disebutkan bahwa pemasok utama Foxconn sedang mempersiapkan untuk berinvestasi dalam lini produksi TFT-LCD yang ditingkatkan di China untuk produksi massal pada tahun 2018. [IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI