telset

10 Tren Pemanfaatan Teknologi Informasi di 2013

Pengguna layanan Internet
Pengguna layanan Internet

Jakarta – Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di dunia saat ini sudah sangat maju pesat. Tren teknologi global akan berubah seiring pergantian tahun. Ericsson Consumer Lab memaparkan hasil penelitiannya tentang tren teknologi informasi di tahun 2013.

Penelitian ini melibatkan 100 ribu responden dari 15 kota besar di 40 negara. Ericsson Consumer Lab memperkirakan beberapa teknologi informasi yang akan menjadi tren di tahun 2013 ini.

Menurut Michael Born, Head of Research Ericsson Consumer Lab, ada 10 tren teknologi yang akan mencuat di tahun ini. Lalu apa saja tren teknologi yang akan berkembang di tahun 2013? Berikut ini perkiraan tren teknologi informasi menurut Ericsson:

1. Cloud computing

Menurut hasil riset, dengan adanya cloud maka akan membentuk kebutuhan pada piranti pendukungnya. Cloud akan semakin penting, karena banyak perangkat yang terkoneksi. Hasil survei menunjukan lebih dari 50% pengguna tablet dan diatas 40% pengguna smartphone di AS, Swedia, Jepang dan Swedia menikmati kemudahan akses data serta aplikasi seamless melalui cloud pada beberapa perangkat.

2. Perangkat komputasi mobile

Kemajuan teknologi komputasi mobile telah membuat semua orang ingin mengakses Internet dimanapun dan kapanpun. Orang memanfaatkan layanan komputasi untuk menunjang pekerjaannya.

3. Smartphone mendukung pekerjaan

Sekitar 57% pengguna smartphone menggunakan layanan pribadinya untuk membantu menyelesaikan pekerjaan mereka. Sehingga perangkat ini akan selalu dibawa ke tempat kerjanya.

4. Masyarakat kota yang mobile

Kebutuhan jangkauan jaringan mobile Internet sudah menjadi salah satu bagian penting bagi masyarakat perkotaan. Bahkan penilaian kota dengan fasilitas terbaik sekarang dinilai dari kondisi jaringan internetnya.

5. Social media

Jejaring sosial semakin dibutuhkan. Bukan hanya sekedar menghubungkan, tapi banyak fungsi yang bisa dimaksimalkan dari situs sosial media sekarang ini.

6. Wanita dorong pertumbuhan ponsel

Dari hasil survei yang dilakukan Ericsson, sekitar 97% wanita menggunakan ponsel untuk SMS, 77% untuk menerima dan mengirim foto, 59% untuk akses jejaring sosial, 24% lainnya untuk memberitahukan keberadaan lokasi dan 17% digunakan untuk menukarkan kupon diskon.

7. Kota menjadi penghubung bagi kreativitas sosial

Jejaring sosial sering digunakan sebagai sarana berkenalan. Saat ini ada sekitar 12% masyarakat perkotaan menggunakan jejaring sosial sebagai sarana untuk mendapatkan kabar terbaru dari temannya.

8. In-Line Shopping

Belanja online atau In-Line Shopping telah menjadi tren yang paling aktif saat ini. Hasil riset menunjukan 32 pengguna smartphone telah berbelanja dengan memanfaatkan ponsel pintarnya.

9. TV sebagai sarana sosial.

Tercatat sebanyak 60% penonton TV adalah pengguna forum sosial. Dan 42% dari penonton TV tersebut mendiskusikan tontonannya di dalam forum.

10. Penunjang aktivitas belajar

Teknologi informasi akan semakin banyak diterapkan untuk menunjang proses belajar mengajar di sekolah. Generasi muda saat ini telah terbiasa menggunakan perangkat teknologi ke sekolah. Institusi pemerintah akan mecari solusi pembelajaran yang lebih efisien menggunakan TIK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0