telset

10 Fitur Baru BlackBerry 10

Research In Motion (RIM) atau yang kini berganti nama menjadi BlackBerry akhirnya mengumumkan secara resmi peluncuran sistem operasi BlackBerry 10 dalam sebuah acara yang digelar di New York, Amerika Serikat, Rabu (30/1). Sistem operasi terbaru dari BlackBerry ini mengusung konsep Flow yang mengandalkan pengoperasian sentuh. Lalu, apa yang menarik dari BlackBerry 10. Berikut kami rangkumkan 10 fitur baru yang ada di perangkat BlackBerry OS 10. Check it out!

 

LockScreenLock screen

Mirip dengan lock screen kepunyaan Android, lock screen pada BlackBerry 10 menampilkan notifikasi untuk alarm, pesan yang belum terbaca dan kalender kegiatan, lengkap dengan keterangan tanggal dan waktu. Sementra di pojok kanan bawah, terdapat ikon untuk mengakses fitur kamera secara cepat. Untuk membuka layar, Anda hanya perlu men-swipe layar dari bawah ke atas.

homescreenInterface

Home Screen BlackBerry 10 terdiri dari active frames yang merepresentasikan aplikasi yang ada di BlackBerry. Tidak seperti widget di Android ataupun tiles pada Windows Phone, semua aplikasi yang ada di BlackBerry bisa dijadikan sebagai active frame dan ditempatkan di home screen (max 8). Selain itu, interface BlackBerry 10 juga diperkaya dengan animasi dan transisi yang halus antara satu frame dengan frame lainnya. Untuk masuk ke menu utama, Anda hanya perlu men-swipe layar dari kanan ke kiri. Menu utama terdiri dari 16 aplikasi. Jika ada lebih dari 16 aplikasi, BlackBerry 10 secara otomatis membuat frame baru. Mirip dengan menu interface kepunyaan iPhone. Di layar bagian bawah, terdapat bar yang memuat shortcut telepon, search dan kamera.

interfaceNotifications

Konsep flow yang dibawa BlackBerry 10 akan sangat terasa ketika Anda men-swipe layar dari kiri ke kanan. Pada saat itu, Anda akan merasa seperti membuka tirai. Aplikasi yang sedang dibuka secara otomatis tertutup secara perlahan lalu muncul notifikasi email, BBM, dan aktifitas di jejaring social. Jika Anda terus men-swipe, maka aplikasi hub, menu yang menggabungkan beragam jenis aktifitas, akan terbuka secara penuh. Nice!

BlackBerry hubBlackBerry Hub

BlackBerry Hub merupakan perbaikan dari unified inbox atau aplikasi message yang ada di BlackBerry 7. Di BlackBerry Hub, semua pesan yang ada di email, SMS, BBM, call history, pesan dari aplikasi pihak ketiga (WhatsApp dll), hingga aktifitas di jejaring social akan ditampilkan dalam satu layar. Konsep flow BlackBerry 10 memungkinkan Anda untuk mengintip pesan yang ada di BlackBerry Hub dari menu apapun. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu men-swipe layar dari kiri ke kanan sedikit saja.

Personal and work mode

Personal and Work modes

Jika Anda sedikit men-swipe layar dari atas ke bawah, baik di home screen maupun menu utama, maka akan muncul tombol untuk berpindah mode dari work ke personal ataupun sebaliknya. Aplikasi dan file pada mode personal ataupun work bisa Anda atur sesuai dengan kebutuhan.

cascadeCascades

Cascades merupakan sistem navigasi baru yang didesain khusus untuk BB10. Sistem navigasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan multitasking dalam sebuah aplikasi. Contoh, pada saat membuka email, maka Anda bisa melihat isi email dalam satu layar bersamaan dengan notifikasi dan isi attachment yang ada dalam email tersebut. Dan Anda bisa melihat masing-masing bagian secara full hanya dengan memilih salah satu jendela. Cool!

app worldNew App World

Selain memperbaiki interface, BlackBerry juga merombak tampilan BlackBerry App World dan menambahkan konten music dan video ke dalamnya. Mirip dengan iTunes kepunyaan Apple ataupun Play Store kepunyaan Google.

keyboard_1Keyboard

Walaupun berbentuk virtual, namun vendor asal Kanada ini menjamin keyboard buatannya ini sama baiknya dengan keyboard fisik BlackBerry yang ada sekarang. Bahkan RIM menjamin keyboard ini nyaman saat digunakan. Keyboard BlackBerry 10 juga bisa mengenali kosa kata yang biasa diketik pengguna dan langsung mensugestikannnya saat user mengetik. Keyboard tersebut juga akan memberikan spasi secara otomatis antar huruf jika pengguna sedang mengetik secara cepat dan lupa memberikan spasi. Sistem ini bisa mengenali beragam bahasa, seperti bahasa Inggris dan Spanyol.

cameraCamera

Kamera pada perangkat BlackBerry 10 sudah memiliki kemampuan Time Shift. Fungsinya mirip dengan fitur multi shoot, kamera akan mengambil banyak frame sekaligus secara otomatis. Sehingga pengguna bisa memilih diantara frame tersebut yang sesuai dengan keinginan.

browserBrowser

Browser internet yang ada di BlackBerry 10 hadir dengan tampilan minimalis. Tapi, seperti browser yang ditanam ke dalam BlackBerry Playbook, browser BB10 punya kemampuan membuka hampir semua jenis halaman web. Termasuk yang memuat konten flash ataupun multimedia lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0