Wearable Device Ini Bantu Tuna Netra ‘Melihat Dunia’

Wearable Device untuk tuna netraJAKARTA – Ada banyak cara dan riset yang dilakukan untuk membantu saudara-saudara kita yang memiliki keterbatasan fisik sejak lahir. Salah satunya adalah mimpi tuna netra yang ingin melihat indahnya dunia.

Meski terdengar tidak mungkin, hal ini rasanya tidak lagi sekedar mimpi. Mengingat para peneliti dari Massachusetts Eye and Ear bekerjasama dengan Schepens Eye Research Institute saat ini tengah mengembangkan sebuah kacamata dan kamera yang bisa diletakkan di saku pakaian sang pengguna.

Alat yang dikembangkan untuk membanru mereka yang memiliki keterbatasan penglihatan ini dilengkapi dengan sensor yang akan mengirimkan peringatan jika sang pengguna berada di satu daerah yang rawan bahaya.

Diwartakan laman Ubergizmo (30/3/2015), dalam proses ujicoba tim peneliti menemukan kemungkinan pengguna alat ini mengalami bahaya menurun hingga 37 persen. Saat penyandang tuna netra berjalan di terowongan, pengguna alat ini bisa menghindari bahaya dengan lebih baik.

Sensor yang dibenamkan memungkinkan penggunanya “melihat” dan mengantisipasi bahaya yang ada di depan mata. Belum diketahui secara pasti apakah alat yang sangat bermanfaat ini akan dikembangkan lebih jauh dan kapan mulai diproduksi massal.[EA/HBS]

SourceUbergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0