Wah, Nokia Lumia 525 Berjalan di Android 6.0

Nokia Lumia 525

Telset.id, Jakarta – Nokia Lumia 525 adalah smartphone 4 inch dengan spesifikasi standar yang diluncurkan 2014 lalu dengan menggunakan sistem operasi Windows Phone. Dan dua tahun kemudian, smartphone ini secara mengejutkan dapat berjalan di versi Android 6.0 Marshmallow. Bagaimana bisa?

Ya, itu adalah kerjaan dari peretas yang telah berhasil menjalankan CyanogenMod 13 pada Lumia 525. Memang ini bukan pertama kalinya kita melihat sebuah perangkat Lumia yang berjalan dengan OS Android, tapi ini adalah pertama kalinya yang mungkin datang dengan hasil yang menakjubkan.

Pengembang proyek, Triszka Balazs telah mengatakan bahwa jika semuanya berjalan dengan baik, source code akan dipublikasikan untuk umum akhir pekan depan. Sayangnya untuk penggemar modding, dia telah berkata di forum XDA Developers “Lumia 525’s eMMC died” yang menunjukan bahwa perilisan tersebut akan ditunda.

 ROM CyanogenMod hanya dapat berjalan di Nokia Lumia 525 saja, tapi para developer akan berusaha untuk membawanya di Nokia Lumia 520 juga. Tapi jangan terlalu berharap versi Android 6.0 Marshmallow akan berjalan di Nokia Lumia 950 karena ROM ini berlaku hanya para perangkat Qualcomm Snapdragon S4 saja.

Namun apa yang telah dicapai oleh Balazs merupakan hasil kerja yang menakjubkan. Tapi perlu diingat bahwa pada custom ROM ini beberapa fitur termasuk Wi-Fi dan Modem tidak didukung, serta layar juga perlu dilakukan beberapa kalibrasi untuk input sentuhan yang lebih akurat. Berikut video Nokia Lumia 525 yang berjalan di Android 6.0 Marshmallow dan juga dilakukan pengujian AnTuTu Benchmark.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here