V20 Bermasalah Bootloop, LG Salahkan Kabel USB-C Murahan

Telset.id, Jakarta – LG menerima kabar tak sedap karena sejumalah pengguna LG V20 melaporkan smartphone tersebut mengalami masalah bootloop. Menanggapi keluhan tersebut, pihak LG justru menuding penyebab masalah itu karena penggunaan kabel USB Type-C murahan yang berkualitas rendah.

Seperti dikutip dari GSMArena, masalah ini berawal saat sejumlah pengguna mengeluhkan LG V20 milik mereka mengalami masalah bootloop. Mendapati keluhan itu, pusat layanan LG malah menyalahkan pengguna yang memakai kabel USB Type-C murah yang memiliki kualitas rendah.

Namun pernyataan pihak LG ini direspon oleh seorang pengguna forum Reddit bernama Nathan yang mengerti soal peripheral USB Type-C. Menurutnya, penggunaan kabel USB Type-C buatan pihak ketiga atau produsen tidak mungkin menjadi penyebab bootloop di LG V20.

Yang dimaksud dengan Bootloop adalah masalah pada piranti lunak Android yang ditunjukkan dengan tanda-tanda berupa kegagalan untuk masuk ke dalam sistem. Biasanya ciri-ciri masalah bootloop adalah perangkat hanya menampilkan logo Android atau vendor secara berulang-ulang.

Sejauh ini memang ada beberapa masalah yang terkait dengan penggunaan kabel USB Type-C abal-abal atau palsu buatan pihak ketiga, tapi masalah yang sering timbul bukan bootloop seperti yang diungkapkan LG. Masalah ini juga sebenarnya sudah coba diatasi badan sertifikasi USB yang menetapkan standar baru untuk produk USB Type-C agar aman.

Masalah bootloop di perangkat smartphone buatan LG sebanarnya bukanlah yang pertama. Karena masalah serupa juga pernah terjadi pada LG G4. Saat itu LG menyatakan bahwa penyebab masalahnya adalah karena ada sambungan antar komponen yang lepas. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here