Trik Merubah MicroSD jadi Memori Internal Smartphone

Telset.id – Memori penyimpanan pada smartphone sekarang ini memang berkapasitas besar. Bisa dibilang, smartphone baru yang beredar sekarang memiliki besaran memori internal minimal 16GB.

Tapi terkadang bagi pengguna smartphone, kapasitas memori yang besar belum cukup. Karenanya, mereka pun dimungkinkan untuk menambahkan microSD sebagai memori tambahan.

Namun kekurangannya adalah, memori eksternal itu tak dapat dijadikan tempat penyimpanan untuk meng-install aplikasi. Tapi jangan khawatir, karena dalam tulisan kali ini, Tim Telset.id akan membagikan cara merubah microSD jadi memori internal smartphone.

Dengan cara ini, selain Anda dapat memperbesar besaran memori penyimpanan internal smartphone, juga dimungkinkan untuk meng-install beragam aplikasi atau game tanpa khawatir kehabisan ruang memori. Yuk simak!

Catatan: Dalam trik ini, kami menggunakan Xiaomi Mi A1 dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo. Lalu, cara tersebut juga hanya berlaku bagi smartphone dengan sistem operasi Android 7.0 Nougat ke atas.

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan pertama kali adalah, backup data-data pada microSD terlebih dahulu. Karena nantinya ketika proses pemindahan microSD menjadi memori internal, semua datanya akan dihapus oleh sistem.
  • Jika sudah, sekarang buka Settings dan pilih Storage.
  • Selanjutnya, tekan SD card.

  • Kemudian, tekan tombol berbentuk tiga titik bertumpuk di kanan atas layar, dan pilih Storage Settings.

  • Untuk mengubahnya menjadi memori internal, pilih opsi Format as Internal dan tekan tombol Erase & Format di halaman berikutnya.

  • Tunggu sampai proses format microSD selesai.

  • Jika microSD memiliki kualitas kecepatan yang cukup rendah, sistem akan memberikan peringatan jika proses transfer atau penyimpanan data ke memori internal kemungkinan akan sedikit lambat.

  • Langkah selanjutnya, Anda juga bisa langsung memindahkan data-data di memori internal ke microSD yang telah dijadikan memori internal tambahan.

Sekarang memori internal Anda bertambah dan Anda pun makin leluasa untuk meng-install aplikasi atau menyimpan data lainnya tanpa khawatir ruang memori akan habis. (FHP)

Related Articles

9 COMMENTS

  1. aku sudah mengkuti instruksi diatas dan berhasil, tapi bbrp hari kemudian tiba2 sd cardnya ga kebaca, dicek di laptop jg ga kebaca.. ada solusi ga mas,,. please..

  2. nokia 3.1+ku sdh melakukan langkah demikian tp tetap saja semua data aplikasi dibebankan ke internal storage, jd mau ngk mau harus pindakan data ke external krn internal sdh tdk cukup untuk instal aplikasi beserta datanya..

  3. Wahhh… bermanfaat banget nih artikelnya. Tapi kalau yang buat android 8.0.0 gimana ya? Soalnya gak ada opsi “format as internal storage” – nya kak. Cuma ada “format”- nya aja. Kalau tahu boleh dong kak di share😁

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -