Tips Memilih MicroSD yang Benar untuk Ponsel

Telset.id – Terdapat banyak sekali model microSD yang bisa kita pilih, tapi tidak semua dapat berjalan dengan baik atau cocok untuk ponsel. Kalau Anda masih bingung memilih antara SDHC dan SDXC atau Class 10 dan UHS-I Class 1, Tim Telset.id akan memberikan tipsnya untuk Anda.

Kapasitas

Anda pasti paling sering menemukan hanya dua jenis microSD saja yaitu SDHC dan SDXC. Perbedaan antara keduanya adalah rentang kapasitas yang disediakannya. Untuk jenis SDHC, memiliki kapasitas 2GB sampai 32GB. Sedangkan SDXC memiliki kapasitas 32GB sampai 2TB.

Sebagai gambarannya, kami akan memberikan ilustrasinya. Jika Anda mengambil foto menggunakan kamera berukuran 16MP, maka gambar yang dihasilkan memiliki ukuran 7MB. Nah, jika Anda membeli microSD 32GB, diperkirakan Anda hanya akan memuat kurang lebih 4.500 foto saja. Tapi sebelum memilih microSD juga, kita harus memperhatikan spesifikasi ponsel yaitu kapasitas maksimum microSD dari setiap ponsel.

Kecepatan

Ketika Anda sudah memilih kapasitas dari microSD, sekarang waktunya untuk memilih kecepatan transfer datanya. Tiap jenis kelas kecepatannya menentukan kecepatan transfer datanya. Ketika Anda memang suka mengambil video, foto, atau lainnya, semakin cepat maka semakin baik.

Sekarang ini, smartphone hanya mendukung tiga kelas kecepatan saja, yaitu Class 10, UHS-1 Class 1, dan UHS-1 Class 3. UHS merupakan singkatan dari Ultra High Speed, dan memiliki dua jenis yaitu I dan II yang memiliki perbedaan pada segi kecepatan maksimumnya.

MicroSDHC dan microSDXC memiliki ketiga kelas kecepatan ini. Kami akan memberikan penjelasan singkat mengenai ketiga kelas kecepatan:

1. Class 10: 10MB/s; mendukung foto dan video sampai 1080p.
61JJiCDc0JL._SY355_

2. UHS-1 Class 1: 10MB/s; mendukung live video dan mampu memutar video sampai 1080p.
d4bcddd80c6b

3. UHS-1 Class 3: 30MB/s; mendukung live video dan mampu memutar video sampai 4K.
SDCA3-32GBSP_BigProductImage

Bagaimana Mengetahui Informasi pada Tiap microSD?

Untuk setiap tipe microSD (SDHC dan SDXC) dan kapasitas (GB dan TB) memiliki label pada setiap kartunya. Tiga kelas yang kami sebutkan tadi, biasanya memiliki logo untuk memberitahu kepada penggunanya minimum kecepatan dari kelasnya.

Class 10 biasanya ditandai dengan huruf “C” dengan nomor 10 di dalamnya. Sedangkan untuk UHS-1 Class 1 dan UHS-1 Class 3, ditandai dengan huruf “U” dengan nomor 1 dan 3 di dalamnya (Seperti pada ga,bar di atas).[FHP/HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -