Tips Aman Membuat Kata Sandi, Nomor 5 Patut Dicoba!

Telset.id, Jakarta – Kasus pembobolan akun online bukanlah barang baru di dunia maya. Sekali akun disusupi, Anda bakal sangat terdampak. Teman serta kerabat Anda pun terkena imbasnya. Pencegahan sederhana bisa dilakukan dengan membuat kata sandi atau password yang kuat. Bagaimana caranya?

Tips membuat kata sandi atau password sebenarnya sudah banyak diberikan. Jika Anda browsing di Internet, maka Anda kana mendapati sangat banyak tips cara membuat password yang baik dan benar.

Kali ini, kita akan membahas masalah yang sama, yakni cara membuat kata sandi yang bagus. Arti bagus di sini adalah, password yang Anda bikin itu sangat kuat, dan susah dicolong orang. Cara membuatnya sederhana, tapi cukup ampuh untuk menghindari para dedemit dunia maya.

Nah, supaya akun online Anda tak begitu mudahnya dibobol, berikut adalah cara terbaik membuat password agar akun tetap aman. Simak rangkumannya di bawah ini:

1. Berkarakter Panjang

Pakar dari IBM mengatakan, kata sandi yang paling sulit untuk dibobol adalah yang berkarakter panjang. Alih-alih memikirkan koleksi huruf dan angka, ia menyarankan kepada Anda semua untuk merangkai sebuah kalimat. Kata sandi berkarakter panjang bakal memperlambat peretas dalam menyusupi akun online Anda.

2. Pakai Pengelola Kata Sandi

Jika mengalami kesulitan mengingat kata sandi, Anda mungkin ingin menggunakan perangkat lunak yang sanggup mengelolanya. Dengan begitu, Anda hanya perlu mengingat satu kata sandi untuk masuk ke perangkat lunak.

3. Gunakan Otentikasi Multifaktor

Untuk membuat kata sandi aman, tambahkan lapisan keamanan tambahan. Banyak situs web yang akan membiarkan Anda menambahkan keamanan dengan cara mengirim kode ke ponsel atau via biometrik seperti sidik jari atau pengenalan wajah.

4. Pilih Kata Sandi Variatif

Meskipun sulit untuk mengingat kata sandi untuk setiap akun, ada beberapa akun yang harus memiliki kata sandi unik. Jangan pernah gunakan kata sandi yang sama untuk semua akun. Cobalah untuk variatif dengan memiliki banyak kata sandi. Selain itu, jangan gunakan kata sandi yang sama dengan yang digunakan di akun email.

Baca juga: Waspada! Akun Game Online Dibidik Hacker

5. Sedikit Berbohong

Jika lupa kata sandi, Anda seringkali harus menjawab pertanyaan pribadi untuk mengaturnya ulang. Sebagai contoh, “Siapa nama teman terbaik Anda di sekolah menengah?”, “Di jalan mana Anda tumbuh dewasa? “ dan sebagainya. Agar akun Anda tetap aman, jangan melulu menjawab pertanyaan dengan benar. Bohong sesekali juga tak masalah agar akun online Anda tetap aman. [SN/IF]

Sumber: CNBC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here