Telset.id – Bulan Ramadan menjadi momentum yang tepat bagi penjual kuliner untuk meningkatkan pendapatannya. Supaya penjualan semakin laris, Gojek memberikan sejumlah tips jualan kuliner online saat Ramadan.
Memanfaatkan momentum Ramadan, Gojek melalui platform GoFood beberapa waktu lalu memberikan pelatihan dan edukasi secara daring kepada ratusan mitra usaha kuliner dalam acara Temu KOMPAG (Komunitas Partner GoFood) Akbar.
GoFood menghadirkan para pakar di bisnis kuliner yakni Daniel Limas, pemilik usaha Garpu Pasta & Pizza dan Mentor GoFood serta Eddy Sukmana selaku Food Photographer profesional yang berbagi beragam pengalaman dan tips untuk meningkatkan penjualan kuliner online selama Ramadan.
BACA JUGA:
- 5 Tips Tingkatkan Penjualan di Ramadan 2023 ala Tokopedia
- Sampai ke Papua, J&T Cargo Jangkau Seluruh Indonesia
- Pertahankan Kualitas Layanan, Gojek Kembali Gelar Bengkel Belajar Mitra
8 Tips Jualan Kuliner Online di Bulan Ramadan
Melalui acara Temu KOMPAG Akbar, para pakar di bidang bisnis kuliner membagikan tips dan trik dalam berjualan kuliner online di bulan Ramadan. Berikut 8 tips yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha kuliner online agar jualan makin laris manis, yaitu:
1. Pahami Waktu Favorit Pelanggan selama Ramadan
Anda perlu mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk berjualan agar usaha laris manis. Pertama, pada pukul 16.00 – 19.00 WIB, pelanggan mulai berselancar di aplikasi Gojek untuk mencari menu buka puasa dan melakukan transaksi.
Pastikan Anda telah menyediakan stok bahan baku untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Kedua, pada waktu sahur pukul 02.00 – 04.00 WIB. Tak banyak pelaku usaha kuliner yang membuka resto 24 jam, maka membuka resto di waktu sahur dapat menjadi kesempatan bagi pelaku usaha kuliner untuk meningkatkan omzet.
2. Jual Menu yang Paling Dicari Pelanggan
Supaya jualan makanan di bulan Ramadan makin laris, Anda perlu memilih menu yang mudah diolah agar proses dalam pengemasan menu makanan dapat dilakukan dengan cepat dan pelanggan tidak menunggu terlalu lama.
Misalnya menjual menu khas berbuka puasa yang paling dicari oleh pelanggan selama Ramadan seperti es cendol, sop buah, aneka gorengan, hingga jajanan pasar.
3. Hadirkan Paket Menu Khusus Ramadan
Demi menarik perhatian pelanggan dan menambah omzet jualan makanan di bulan Ramadan, Anda dapat mengembangkan menu-menu paketnya seperti paket berbuka plus gratis takjil, paket keluarga, paket sahur, paket Ramadan hemat.
Terdapat pula paket menu traktir driver untuk mengajak pelanggan berbagi kebaikan dan rezeki.
4. Buat Promosi dan Iklan untuk Tarik Minat Pelanggan
Tips jualan kuliner di bulan Ramadan berikutnya adalah membuat promosi yang menarik. Promosi memberikan opsi bagi pelanggan untuk menikmati menu berbuka maupun sahur dengan lebih terjangkau, sementara iklan bisa jadi cara jitu menjangkau lebih banyak pelanggan.
Di layanan platform Online Food Delivery (OFD) seperti Gojek GoFood Anda dapat memilih ragam promosi berupa kampanye promo, diskon menu, maupun kategori iklan yang disediakan oleh penyedia platform.
5. Pastikan Stok Bahan Baku Aman
Di tengah tingginya pesanan pelanggan, sangat penting untuk memastikan stok bahan baku sudah tersedia dan aman. Jika Anda membutuhkan stok bahan baku dengan jumlah banyak selama Ramadan, lalu dapat membuat perjanjian terlebih dahulu dengan supplier untuk memastikan tidak ada kenaikan harga.
6. Persiapkan Karyawan Cadangan
Meningkatnya volume konsumen dan antisipasi lonjakan pesanan saat bulan Ramadan dapat pelaku usaha kuliner siasati dengan cara menambah karyawan cadangan.
Dengan begitu meskipun restoran Anda sedang dalam kondisi ramai, pelayanan yang diberikan tetap dapat berjalan dengan lancar dan maksimal.
7. Buat Foto Menu yang Menarik
Perlu diketahui kalau 90% informasi yang dikirim ke otak manusia bersifat visual. Artinya foto menu memiliki peran krusial ketika jualan minuman di bulan Ramadan, menjadi penentu pertama pelanggan dalam membeli atau tidaknya sebuah produk, khususnya di platform OFD.
Anda tidak perlu menggunakan kamera SLR atau DSLR, karena seiring perkembangan teknologi smartphone memungkinkan Anda membuat foto menu yang menarik dengan mudah dan hemat hanya dengan kamera smartphone.
8. Manfaatkan Kekuatan Media Sosial
Saat ini banyak pelanggan yang mencari rekomendasi resto atau makanan melalui media sosial. Demi menunjang pemasaran resto selama bulan Ramadan, pelaku usaha kuliner dapat memanfaatkan media sosial sebagai channel untuk menghadirkan konten-konten kreatif mengenai resto atau promo menarik.
BACA JUGA:
- Spotify Temani Ibadah Puasa Pengguna Lewat Ramadan Hub
- Gojek Dorong Promosi UMKM Lewat Komunitas Best Seller GoSend
Itu tadi informasi mengenai 8 tips jualan kuline online di bulan Ramadan, supaya semakin laris. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi Anda dalam mencari rezeki di bulan suci Ramadan.