Tips Hapus Aplikasi Bawaan di iOS 10

upgrade iOS 10

Telset.id – Bersyukur dengan hadirnya iOS 10 dapat memungkinkan kita untuk menghapus aplikasi bawaan yang tertanam pada iPhone kita. Setelah menginstall iOS 10, kita bisa menghapus 13 aplikasi bawaan Apple. Berikut ini daftar aplikasi bawaan di iOS yang bisa dihapus:

CalculatoriCloud DriveReminders
CalendariTunes StoreStocks
CompassMailTips
ContactsMapsVideos
FaceTimeMusicVoice Memos
Find My FriendsNewsWatch app
HomeNotesWeather
iBooksPodcasts

Seperti yang bisa kita lihat, beberapa aplikasi di atas merupakan aplikasi inti pada perangkat iOS. Aplikasi seperti Mail atau Calendar jika dihapus akan menyebabkan beberapa masalah pada perangkat kita. Tapi keuntungannya adalah, kita bisa menghapus aplikasi yang sebenarnya tidak begitu berguna bagi kita.

Nah, Tim Telset.id akan memberi tahu caranya menghapus dan reinstall, juga dampak “efek sampingnya” kalau menghapus aplikasi bawaan di iOS. Berikut ulasannya:

Menghapus Aplikasi

Secara teknis, sebenarnya kita tidak menghapus aplikasi di iOS, melainkan hanya menyembunyikan ikonnya saja dan menghapus semua data personal dan pengaturan dari aplikasi tersebut. Dan Anda sebenarnya juga tidak perlu khawatir berapa banyak memori yang dihabiskan oleh aplikasi bawaan dari Apple. Karena menurut Apple, semua aplikasi tersebut jika digabungkan hanya menghabiskan hingga 150MB saja.

delete-mail-app-ios-10

Untuk menghapus aplikasi, prosesnya sama dengan menghapus aplikasi lainnya. Tekan dan tahan ikon aplikasi hingga aplikasi tersebut “bergoyang” dan tekan tanda “X” di atas ikon aplikasi tersebut.

Efek Samping

Sekarang, Apple tidak menyediakan sarana untuk membuat aplikasi pihak ketiga sebagai aplikasi default. Artinya jika Anda menghapus aplikasi Mail, maka Anda tidak bisa memberi perintah kepada iOS 10 untuk membuat Outlook atau Gmail sebagai aplikasi default.

mail-app-missing-ios-10

Misalnya Anda memerintahkan Siri untuk mengirim email (setelah menghapus Mail). Maka Siri akan menyuruh Anda untuk menginstall kembali Mail untuk melanjutkan proses pengiriman. Sama halnya jika Anda menekan alaman email pada pesan atua lainnya. Tapi ada juga aplikasi pihak ketiga yang bisa dijadikan sebagai aplikasi default di iOS 10 seperti Calendar.

Reinstall Aplikasi

reinstall-ios-10-apple-app

Untuk menginstall kembali aplikasi yang sudah dihapus, buka App Store dan cari aplikasi tersebut. Tekan tombol Download, kemudian aplikasi kembali seperti sedia kala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here