Home HOW TO 7 Tips agar Fingerprint HP Android Lebih Cepat dan Akurat

7 Tips agar Fingerprint HP Android Lebih Cepat dan Akurat

Telset.id – Tips atau cara agar sensor fingerprint Android lebih cepat dan akurat harus diketahui, apalagi saat sensor keamanan berbasis biometrik itu tidak merespon dengan cepat.

Mulai dari HP Android entry-level hingga kelas premium, pasti punya sistem keamanan fingerprint atau sidik jari. Sayangnya, masalah yang sering dihadapi oleh pemilik ponsel adalah sensor sidik jari yang tidak merespon dengan cepat.

Fingerprint adalah salah satu fitur keamanan yang banyak disematkan di HP Android. Tujuannya agar keamanan data jadi lebih aman sehingga hanya dapat diakses oleh pemilik ponsel saja. Akan tetapi, fitur tersebut bisa menjadi gangguan baru bagi pengguna.

Pengguna harus melakukan scan sidik jari berkali-kali karena akurasi fingerprint Android yang sangat lambat. Responsivitas sensor sidik jari di berbagai kelas smartphone pasti berbeda-beda.

{Baca juga: Tips Cara Perbaiki Keyboard Laptop yang Rusak, Bisa Sendiri}

Terkadang fingerprint di HP Android murah tidak lebih cepat atau lemot dibandingkan ponsel Android yang lebih mahal. Hal ini karena semakin tinggi kelas smartphone, biasanya memiliki sensor sidik jari yang lebih baik.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kalau sensor fingerprint di HP Android lemot? Tenang, tim Telset.id punya 7 tips dan cara agar fingerprint di HP Android bisa bekerja dengan cepat dan akurat.

Semua tips yang kami berikan dapat kalian coba agar fingerprint Android dapat merespon dengan cepat dan akurat. Berikut ini tips meningkatkan performa sensor sidik jari yang bisa kalian lakukan untuk ponsel kesayangan:

1. Pastikan Tangan Selalu Bersih

Sensor fingerprint HP Android akan lebih mudah membaca sidik jari kalian jika kondisi jari dalam keadaan bersih. Jari pengguna yang kotor atau berminyak bisa membuat sensor sidik jari tidak merespon. Karena itu, pastikan jari Anda dibersihkan sebelum menyentuh sensor.

Sebab, tidak hanya sidik jari akan sulit terbaca, tapi juga dapat mengurangi kemampuan fingerprint dalam membaca sidik jari. Bahkan lebih parah lagi, bisa mengalami kerusakan.

2. Bersihkan Sensor Fingerprint

Penyebab fitur fingerprint Android yang gagal melakukan scan biasanya dipengaruhi oleh kebersihan sensor. Debu atau noda di permukaan fingerprint dapat membuat sensor sidik jari tidak merespon dengan maksimal.

Apalagi untuk smartphone kelas menengah ke bawah yang masih menggunakan modul fingerprint di luar, sehingga menyebabkan debu dan kotoran menempel pada sensor. Seringnya pemakaian ponsel juga menyebabkan debu dan kotoran menempel di sensor.

Cara agar sensor fingerprint di HP Android jadi cepat dan akurat adalah dengan membersihkan permukaan fingerprint.

Kalian bisa membersihkan pada sensor fingerprint dengan menggunakan alkohol dan cotton bud. Dengan ini, kotoran yang biasanya menempel di sudut-sudut bisa dihilangkan.

3. Daftarkan Beberapa Sidik Jari

Kondisi jari sangat mempengaruhi proses fingerprint HP. Jika sidik jari mengalami goresan luka akibat kecelakaan atau sedang dalam keadaan kotor, maka sensor sidik jari tidak merespon.

Masalah ini yang sering dialami oleh pengguna ponsel sehingga proses scan sidik jari terganggu. Solusi dari masalah ini adalah silakan daftarkan beberapa jari untuk membuka kunci menggunakan sensor sidik jari.

Dengan mendaftarkan beberapa sidik jari, kalian tidak hanya mengandalkan satu jari saja untuk membuka kunci fingerprint. Kalian bisa menggunakan jari lainnya untuk membuka kunci smartphone.

{Baca juga: 7 Tips dan Trik WhatsApp Web yang Wajib Anda Tahu}

4. Daftarkan Jari yang Sama 2 Kali atau Lebih

Akurasi fingerprint HP sering mengalami penurunan seiring usia ponsel. Hasilnya sensor sidik jari tidak dapat merespon dengan maksimal. Cara agar sensor fingerprint di HP Android menjadi lebih cepat dan akurat adalah dengan mendaftarkan sidik jari kalian yang sama beberapa kali.

Sebagai contoh, kalian terbiasa membuka smartphone menggunakan telunjuk, maka daftarkan sidik jarinya hingga 2 kali atau lebih.

Dengan demikian, sensor sidik jari akan lebih mudah mengenalinya. Mendaftarkan jari yang sama hingga 2 kali atau lebih akan meningkatkan kemampuan dan akurasi sensor saat membaca permukaan sidik jari.

5. Lakukan Restart Smartphone 

Sebagai perangkat teknologi, performa ponsel terkadang menurun sehingga beberapa fitur pengalami gangguan seperti fitur fingerprint HP. Dampaknya kalian sulit membuka ponsel karena sidik jari tidak terbaca di fitur fingerprint.

Tips mengatasi masalah ini adalah melakukan restart smartphone. Kalian dapat melakukan restart smartphone. Setelah restart, silakan tunggu beberapa saat dan lakukan kembali proses scan sidik jari.

6. Lakukan Update Software Smartphone 

Kalian sudah membersihkan sidik jari, sudah membersihkan permukaan fingerprint dan sudah melakukan restart ponsel, namun fitur fingerprint HP masih error. Penyebab lain yang bisa saja terjadi yaitu karena kalian belum melakukan update software.

Update software smartphone secara rutin dapat menjaga kualitas performa ponsel. Sayangnya para pengguna sering mengabaikan update software dengan alasan menyedot banyak kuota.

Untuk itu kalian harus melakukan update software secara rutin. Usai melakukan pembaruan perangkat, silakan lakukan scan dan biasanya fingerprint HP akan kembali berfungsi secara normal.

{Baca juga: Cara Root HP Android dengan & Tanpa Bantuan PC, Tips Terbaru 2021}

7. Kunjungi Service Center

Tips terakhir untuk mengatasi sensor sidik jari tidak merespon adalah ke sevice center resmi. Mungkin saja ada masalah serius yang terjadi di ponsel kalian seperti terkena bug atau terjadi kerusakan hardware yang sulit diperbaiki.

Bawa ponsel kalian dan identitas seperti KTP ke gerai service center resmi terdekat. Ceritakan gangguan yang terjadi kepada tim teknisi disana. Nantinya mereka akan memeriksa penyebab mengapa sensor sidik jari tidak dapat merespon.

Nah, itu dia cara-cara ataupun tips agar fingerprint HP Android lebih cepat dan tidak lemot lagi. Anda dapat Selamat mencobanya ya! (NM/MF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version