Sebelum Ada iOS, Ternyata Apple Bikin Acorn OS

Acorn OS

Telset.id, Jakarta – Sebelum iOS berkembang menjadi OS dari produk premium besutan Apple, seperti iPhone, iPad dan iPod Touch, ternyata Apple telah lebih dulu mengembangkan OS lainnya bernama “Acorn OS”.

Acorn OS sendiri merupakan OS prototype dari Apple yang memiliki tampilan antarmuka menarik yakni click-wheel. Mungkin banyak yang belum tahu seperti apa Acorn OS ini, karena memang iOS lebih familiar di kuping para fans Apple.

Untungnya, seorang leakster terkenal yakni Sonny Dickson lewat channel YouTube miliknya memperlihatkan seperti apa OS tersebut. Bahkan, tak hanya Acorn OS saja yang ditampilkannya, melainkan OS yang menjadi cikal bakal dari iOS juga ia tampilkan sebagai perbandingan dengan Acorn OS.

[Baca juga: Seperti Inikah Tampilan iOS 11 di iPhone 8? [Video]]

Jika melihat video di bawah, Acorn OS diberi nama sebagai P1. Sedangkan untuk OS yang “diduga” sebagai prototype iOS diberi nama sebagai P2. Pada deskripsi dari video di laman YouTube Sonny Dickson, ia menjelaskan jika P1 dan P2 merupakan 2 proyek yang merupakan akar dari iPhone sekarang ini.

P1 atau Acorn OS sendiri dirancang oleh Tony Fadell. Sedangkan P2 dirancang oleh mantan Senior VP dari iOS Software yakni Scott Forstall, yang memang sudah bekerja sama dengan Steve Jobs sejak kemunculan NeXT. Dari kedua proyek ini pada akhirnya dipilihlah P2 untuk sebagai cikal bakal dari iOS sekarang ini, karena memiliki antarmuka yang lebih minimalis.

[Baca juga: 5 Game Kereta-keretaan Paling Seru di iOS dan Android]

Lantas bagaimana nasib P1 atau Acorn OS? Ternyata Acorn OS tidak serta merta ditinggalkan oleh Apple. Jika Anda masih ingat iPod klasik di masa itu, maka sebenarnya Acorn OS atau P1 ini merupakan cikal bakal dari kontrol legendaris click-wheel yang ada pada iPod klasik.

Memang semuanya butuh proses, dari awalnya sebuah prototype yang bahkan memiliki antarmuka yang tidak menarik sama sekali. Tapi berkat adanya perbaikan di berbagai sisi, sekarang OS prototype ini berubah menjadi iOS yang terkenal merupakan OS dengan antarmuka yang sederhana, namun tetap menarik. Tapi yang paling penting, iOS dikenal sebagai OS yang tidak terlalu banyak memakan RAM. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here