Pendiri Oculus: Mau Rift? Apple Bikin Komputer Bagus Dulu

Telset.id, Jakarta – Saat mengumumkan headset Oculus Rift setahun yang lalu, Oculus mengatakan headset VR buatannya itu hanya akan memiliki dukungan untuk komputer Windows saja. Padahal saat masih dalam tahap pengembangan, Oculus memperlihatkan headset VR buatannya itu dapat bekerja dengan baik pada komputer Mac dan Linux.

Pada saat mengumumkan headset Rift, pihak Oculus memang tidak menjelaskan kenapa headset itu tidak mendukung komputer Mac dan Linux. Mereka juga tidak memberikan keterangan apakah Oculus siap merilis versi yang kompatibel dengan Mac atau Linux.

Kini semua misteri itu akhirnya terungkap. Menurut Co-founder Oculus Palmer Luckey, bahwa mereka bisa saja merilis headset Rift yang kompatibel dengan Mac, tapi semuanya tergantung kepada Apple.

Luckey malah menyindir Apple dengan mengatakan jika raksasa dari Cupertino itu bisa membuat komputer yang bagus, maka mereka tidak keberatan untuk membuat Oculus Rift untuk Mac.

“Jika mereka (Apple) memang bisa merilis komputer yang baik, kami akan melakukannya,” katanya kepada Shacknews baru-baru ini.

Pada dasarnya, Luckey melanjutkan, komputer Mac dengan spesifikasi tertinggi yang ada saat ini tidak akan bisa memberikan kualitas yang optimal untuk menikmati konten virtual reality di Oculus Rift. Pasalnya, versi komersil jauh lebih canggih daripada versi development kit yang kompatibel dengan Mac.

“Semua ini bermuara pada fakta bahwa Apple tidak memprioritaskan GPU high-end. Anda dapat membeli Mac Pro seharga USD 6000 dengan AMD FirePro D700, tapi itu masih tidak sesuai dengan spesifikasi yang kami rekomendasikan,” jelasnya.

“Jadi jika Apple mau memprioritaskan GPU yang lebih tinggi seperti dulu, kami akan dengan senang hati mendukung Mac. Tapi untuk saat ini, Mac sama sekali tak memiliki dukungan yang cukup untuk menjalankannya,” tambah Luckey.

Tapi sekarang, hanya ada tidak mesin tunggal di luar sana yang mendukung hal itu,” tambahnya. “Bahkan jika kita dapat mendukung di sisi software, tidak hanya ada penonton yang bisa menjalankan sebagian besar software di atasnya.”

Luckey menambahkan, bahwa sekalipun Oculus bisa mengakali dan memberikan dukungan dari sisi software, tapi pengguna tetap tak akan bisa menikmati secara optimal sebagian besar software yang ada di Oculus Rift.

Pernyataan salah satu pendiri Oculus ini memang kedengarannya aneh bagi banyak orang. Karena selama ini komputer Mac diakui kecanggihannya, dan bahkan menjadi symbol kebanggaan sebegai computer paling keren. Namun nyatanya, dimata Oculus kecanggihan komputer Mac “belum ada apa-apanya”.

Sebenarnya ini bukan pertama kali Luckey mengatakan perangkat lain tidak cukup canggih untuk mendukung headset VR Oculus. Pada tahun 2013, Luckey juga mengatakan bahwa konsol baru seperti Xbox One dan PlayStation 4 “terlalu terbatas” untuk Oculus Rift. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here