Nokia Siapkan Perangkat 5G untuk Olimpiade Jepang 2020

 

Nokiafans.id – Nokia dan NTT DoCoMo telah menjalin kemitraan hingga 2020 mendatang untuk menyediakan perangkat serta stasiun radio nirkabel 5G. Infrastruktur ini disiapkan untuk menyambut Olimpiade di Jepang pada tahun 2020 mendatang.

Kerjasama ini terjalin setelah perusahaan asal Finlaindia tersebut berhasil menyempurnakan perangkat Nokia 5G terbaru yang selesai pada Desember lalu. Perangkat ini dikabarkan telah mengikuti standar ‘New Radio’ (NR), yang menjadi standar jaringan 5G.

Mengutip dari laman Digital Trends, DoCoMo sendiri akan melakukan pemancaran sinyal 5G di wilayah Tokyo, yang menjadi pusat dari perhelatan Olimpiade 2020. Setelah itu, barulah mereka akan membangun infrastruktur 5G di seluruh negeri. Namun, hal ini akan memakan waktu selama beberapa tahun.

[Baca juga:Begini Cara Hadirkan Kompas di Nokia 2]

Terlepas dari lamanya waktu membangun infrastruktur ini, Nokia mengatakan bahwa kesepakatan ini akan menjadi tonggak utama dalam pengembangan teknologi 5G.

“Bersama-sama kami telah bekerja keras dalam beberapa bulan terakhir untuk memulai persiapan peluncuran layanan 5G NTT DOCOMO pada tahun 2020, yang sekarang kami ikuti dalam pengumuman yang sangat menarik hari ini,” kata Marc Rouanne dari Nokia.

Sebagai informasi, Nokia telah cukup lama menjadi suplier DoCoMo, mulai sejak era 3G hingga 4G. Bahkan pada tahun 2014 lalu, kedua perusahaan ini sudah memulai pengembangan jaringan nirkabel generasi kelima tersebut.

[Baca juga:Bocoran Sketsa Modul Kamera 5 Lensa Nokia 10]

Jaringan 5G ini diharapkan dapat memberikan sejumlah manfaat bagi konsumen seperti kecepatan internet yang lebih cepat dan kapasitas data yang lebih baik. Selain itu, DoCoMo mengharapkan dengan hadirnya jaringan ini, mereka bisa memberikan layanan yang lebih baik untuk mobil otonom, rumah pintar, dan sektor bisnis.

Selain DoCoMo, beberapa perusahaan telekomunikasi Amerika juga telah serius memulai pengembangan jaringan 5G. Bahkan beberapa diantaranya dikabarkan akan memulai tes jaringan 5G pada pertengahan tahun 2018 ini. [NC/HBS]

Source: Nokiafans.id

Previous articleFord Rancang Mobil “Knight Rider” di Dunia Nyata
Next articleLG Terus Merugi Gara-gara Oppo dkk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here