Mau Bukti Anda Kecanduan Smartphone? Cek Pakai Aplikasi Ini

Telset.id, Jakarta – Tanpa disadari, banyak orang yang sudah kecanduan smartphone. Bahkan sampai ada ungkapan yang mengatakan, “Lebih baik ketinggalan dompet, dari pada ketinggalan smartphone”. Apakah Anda termasuk orang yang kecanduan smartphone?

Smartphone telah menjadi fenomena di ranah teknologi selama satu dekade terakhir. Menurut hasil penelitian, setidaknya satu dari tiga orang di dunia telah menjadi pengguna smartphone. Namun dibalik segala kebaikannya, smartphone juga memiliki sisi kelam yang bernama Nomophobia alias kecanduan pada smartphone.

Teknologi di smartphone telah membuat dunia semakin kecil, karena hampir semuanya bisa didapatkan pada “kotak ajaib” tersebut. Dari mulai mencari informasi berita, mengecek saldo rekening, mengirimkan dan menerima email, beriteraksi di social media, memotret, dll, semuanya bisa dilakukan dengan smartphone.

Hampir di semua tempat kita melihat orang tak bisa lepas dari perangkat smartphone-nya. Dari sejak bangun tidur dipagi hari, hingga mau tidur di malam hari, orang masih tetap tak bisa lepas dari smartphone miliknya. Pengguna smartphone sudah merasakan bagaimana “besarnya cinta” mereka pada perangkat smartphone.

[Baca juga: Apakah Anda Mengidap Nomophobia alias Kecanduan Smartphone?]

Berapa banyak waktu sudah Anda habiskan untuk memelototi layar smartphone setiap hari? Berapa banyak waktu Anda gunakan untuk mengakses setiap aplikasi? Pertanyaan-pertanyaan itu akan mengungkap apakah Anda sudah termasuk pecandu smartphone. Tapi bagaimana caranya?

Nah, ada sebuah aplikasi bernama Hooked yang bisa memberikan Anda jawaban. Aplikasi ini bisa memberitahu berapa banyak waktu yang sudah Anda habiskan untuk mengakses aplikasi dan berapa waktu Anda jika dibandingkan dengan rata-rata pengguna. Namun Hooked juga memungkinkan Anda untuk menyembunyikan aplikasi yang tidak ingin dilacak.

Untuk menggunakan Hooked, Anda lebih dulu harus terhubung ke VPN dengan server developer, agar aplikasi ini bisa mengumpulkan informasi tentang kebiasaan Anda memakai ponsel pintar. Waktu yang dibutuhkan aplikasi untuk menampilkan statistik sekitar 48 jam.

Selain untuk mengetahui apakah Anda “masuk kategori kecanduan” smartphone atau tidak, aplikasi Hooked juga bisa bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal yang terkait dengan penggunaan smartphone dan aplikasi.

Seperti untuk mengidentifikasi pola penggunaan aplikasi harian, melihat batas waktu yang Anda habiskan untuk menggunakan aplikasi dan memonitor kemajuan, memesan aplikasi di homescreen untuk akses yang lebih mudah, menghapus aplikasi yang tidak pernah digunakan untuk menghemat space dan berbagi statistik dengan teman-teman Anda.

Well, apakah Anda termasuk kategori kecanduan smartphone? Untuk mengeceknya, Anda bisa langsung mendowload aplikasi Hooked di iTunes Apple Store. Selamat mencoba![HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here