Lakukan Ini, Sebelum Jual PC, Tablet atau Smartphone

Telset.id – Jika Anda sudah bosan dengan PC, Tablet atau smartphone dan ingin menjualnya untuk nantinya menggunakan uang hasil penjualan untuk membeli yang baru, lebih baik lakukan cara-cara yang akan Tim Telset.id berikan berikut ini. Karena dengan melakukan hal ini, kita bisa tenang saat menjual gadget kita tersebut.

Backup Data Personal

Bagian ini adalah bagian yang penting karena ketika Anda akan menghapus semua data dari perangkat teknologi yang akan dijual, data penting seperti foto, dokumen, dan lainnya tetap dalam “genggaman” Anda. Untuk PC, Anda hanya perlu Copy-Paste saja data ke media external untuk mengamankannya atau menggunakan layanan Cloud.
image253

Sama halnya jika Anda menggunakan tablet atau smartphone, Anda bisa menggunakan layanan Cloud atau menggunakan fitur backup dari Android atau iOS.
android-google-automatic-photo-backup

Deauthorize dari Semua Pembelian DRM

Rasa khawatir tentang konten yang kita beli memang tidak perlu, namun sayangnya, dalam beberapa situasi seperti konten yang kita beli menggunakan Digital Rights Management (DRM) yang membuat kita khawatir.

Sebagai contoh, ketika kita membeli konten pada iTunes Store, pastinya PC yang digunakan harus “authorized” dengan Apple ID sebelum konten tersebut dapat digunakan. Anda hanya dapat memiliki hingga lima PC yang telah “authorized” pada satu waktu. Sehingga ketika kita memasang iTunes pada PC yang telah memiliki hak akses tersebut, Anda bisa menggunakannya untuk menghapus PC yang memang tidak berhak mendapatkan hak tersebut.
itunes-deauthorize-computer

Untuk mencegah hal itu terjadi, Anda hanya harus membatalkan hak akses tersebut menggunakan aplikasi DRM. Untuk iTunes, klik menu Store dan pilih Deauthorize This Computer.

Bersihkan Drive
windows-8-reset-fully-clean

Dengan membersihkan atau menghapus semua data pada Drive, selain membuat perangkat normal kembali, kita juga bisa mencegah orang lain untuk kembali mengakses data penting kita. Proses ini bisa kita lakukan sebelum menginstall ulang perangkat yang akan kita jual.

Install Ulang atau Factory Reset

Hal terakhir adalah dengan install ulang PC atau mereset ulang smartphone atau tablet kita. Untuk install ulang PC, silakan untuk melihat cara-cara dari Tim Telset.id tentang Install Ulang Windows dengan Benar.
ximage54.png.pagespeed.gp+jp+jw+pj+js+rj+rp+rw+ri+cp+md.ic.kLdZ3P9yYRNamun bagi Anda yang menggunakan OS Windows 8 ke atas, Anda dapat menggunakan fitur Reset Your PC yang bisa Anda temukan di PC Settings > General > Remove everything and reinstall Windows kemudian tekan tombol Get started.
remove-everything-and-reinstall-windows

Untuk tablet atau smartphone Android, kita bisa menggunakan opsi Factory Reset dengan cara masuk ke Settings > Backup & reset kemudian pilih Factory data reset.
xandroid-factory-data-reset.png.pagespeed.gp+jp+jw+pj+js+rj+rp+rw+ri+cp+md.ic.wtdZjoWDC6

Sedangkan untuk iOS, buka Settings > General > Reset dan pilih Erase All Content and Settings. Jika Anda sudah melakukan hal ini, berarti PC, tablet atau smartphone sudah siap untuk dijual.
ximg_54a773808d6ec.png.pagespeed.gp+jp+jw+pj+js+rj+rp+rw+ri+cp+md.ic.-STowP4ffl

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -