Kurangi Overheating pada Laptop dengan Opera

Telset.id, Jakarta – Fitur penghemat daya baterai kini sudah tersedia di Opera untuk komputer. Hasil pengujian menunjukkan fitur ini mampu memperpanjang umur baterai hingga 50% dan menjaga kestabilan suhu laptop saat diaktifkan.

Kemampuan mengurangi overheating pada laptop sangatlah penting, ketika laptop mengkonsumsi lebih banyak energi, biasanya  suhu laptop akan menjadi lebih panas. Itulah kenapa laptop Anda menjadi lebih panas selama sesi browsing berat.

Biasanya Anda akan merasakan rasa panas di pangkuan Anda, bunyi fan menjadi semakin keras dan menjengkelkan, dan sering kali dapat menyebabkan masalah seperti tiba-tiba timbul layar biru atau bahkan kehilangan data.

Aktivitas menonton video, membaca berita dan aktif di berbagai media sosial tidak hanya menghabiskan daya baterai laptop, tetapi juga membuat suhu laptop menjadi lebih panas. Hasil pengujian dengan penghemat daya baterai yang baru menunjukkan bahwa Opera dapat menjaga suhu baterai laptop 3°C lebih dingin

Fitur penghemat daya baterai ini terbantu oleh berbagai optimalisasi, yakni dengan mengurangi kinerja sistem yang tidak penting, seperti tab yang terbuka di latar belakang dan aktivitas browser lainnya, tanpa mengurangi kecepatan browsing.

Berdasarkan hasi pengujian tim Opera, versi terbaru dari Opera yang dilengkapi dengan fitur penghemat baterai dan ad blocker memiliki kecepatan 50% lebih cepat dibandingkan peramban lain seperti Google Chrome yang terpasang pada laptop yang menjalankan OS Windows 10, 64-bit. Silahkan kunjungi blog kami untuk menggali informasi lebih dalam mengenai hasil pengujian dan metodologinya.

Bagaimana cara kerjanya?

Menggunakan mode hemat daya yang baru sangatlah mudah. Setelah kabel listrik laptop dicabut, ikon baterai akan muncul di sebelah kolom pencarian dan alamat di browser Opera.

Lalu klik ikon baterai untuk mengaktifkan mode penghematan daya dan menyalakan tombol. Browser juga akan mendeteksi ketika baterai laptop sudah menipis dan mencapai 20% kapasitas baterai, dan akan menyarankan untuk mengaktifkan mode hemat daya. (MS)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -