telset
spot_img

Kartu MicroSD Tak Terbaca atau Data Terhapus? Ini Solusinya

Telset.id – Penyimpanan eksternal seperti MicroSD sering kali digunakan untuk menambah kapasitas penyimpanan dari sebuah ponsel pintar. Berbagai macam data mulai dari foto, video, dokumen, dan lainnya disimpan dalam penyimpanan ini agar tidak memenuhi penyimpanan internal ponsel pintar mereka.

Namun bagaimana jika kartu penyimpanan eksternal Anda tiba-tiba tidak dapat terbaca atau ada data yang tidak secara sengaja terhapus? Eits, jangan panik karena Anda bisa memperbaiki kartu dan mengembalikan file yang tak sengaja terhapus.

Ingin tahu caranya? Berikut ini cara memperbaiki MicroSD dan mengembalikan data yang terhapus:

1. Backup Data yang Masih Tersisa

Meskipun terkadang kartu MicroSD tidak dapat terbaca di ponsel pintar Anda, namun terkadang jika dicek di perangkat lain seperti laptop atau komputer, sebagian data masih dapat terbaca oleh sistem operasi.

Oleh karena itu, jika memungkinkan backup seluruh data yang tersisa ke lokasi yang aman. Setelah melakukan perbaikan, data ini bisa Anda kembalikan kedalam MicroSD kesayangan Anda.

2. Kembalikan Data yang Terhapus

Untuk mengembalikan data yang ada di dalam kartu MicroSD, Anda bisa memakai beberapa cara, seperti melakukannya di sistem operasi Windows, Mac OS, atau di ponsel pintar Android milik Anda sendiri.

Banyak aplikasi yang dapat digunakan, namun salah satu yang patut untuk dicoba adalah menggunakan DiskDigger. Aplikasi ini tersedia di sistem operasi Windows dan Android yang memiliki keunggulannya masing-masing.

Untuk versi Windows, aplikasi ini dijual seharga US$14.99 atau sekitar Rp199 ribu, namun selama masa percobaan Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis.

Pemakaiannya sendiri sangat mudah, setelah melakukan pemasangan Anda hanya harus membuka apliakasi tersebut dan memilih kartu MicroSD Anda. Setelah itu, aplikasi ini akan mencari data yang masih bisa diselamatan.

Sementara itu, untuk versi Android ada dua pilihan yang ditawarkan apliakasi ini yakni yang gratis dan berbayar. Perbedaan yang ditawarkan adalah untuk versi pro, Anda bisa sekaligus melakukan permbaikan kartu MicroSD langsung melalui ponsel pintar.

Aplikasi ini bisa melakukan pengembalian data berupa gambar (JPG dan PNG) dan Video (3GP dan MP4). Namun perlu di catat, untuk melakukan pengembalian data dengan kualitas asli, maka ponsel pintar Anda harus ada di dalam keadaan Root, sedangkan yang tidak masih dapat mengebalikan data tersebut, walaupun dalam bentuk yang sudah terkompresi.

Di sisi lain, untuk pengguna Mac OS dapat menggunakan apliakasi Data Recovery Wizard yang dapat diunduh secara gratis. Setelah diunduh dan dipasang, Anda hanya tinggal membuka aplikasi ini dan memilih kartu MicroSD dan tipe file yang ingin di kembalikan.

3. Lakukan Perbaikan

Untuk melakukan perbaikan kartu MicroSD di sistem operasi Windows, Anda tinggal mengklik kanan kartu MicroSD dan memilih tab Properties. Setelah itu, pilih tab Tolls dan klik Check Now dalam tab Error Check area.

Setelah itu, Windows akan mulai melakukan serangakaian pengecekan dan melakukan perbaikan. Setelah menunggu beberapa lama, jika Windows menyatakan kartu MicroSD berhasil di perbaiki, maka Anda dapat mengembalikan data yang sudah disimpan atau dikembalikan kedalam MicroSD Anda.

Lalu, Anda tinggal memasang kembali kartu MicroSD ke dalam ponsel pintar dan siap untuk dipakai kembali. (NC/MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0