telset

Jangan Dibuang! 4 Cara “Menyulap” Ponsel Lawas Jadi Berguna

Telset.id – Perkembangan teknologi smartphone terus berjalan dengan sangat cepat. Itu sebabnya orang biasanya mengganti smartphone mereka dalam jangka waktu tertentu, berkisar antara 1 sampai 2 tahun sekali. Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana nasib smartphone lawas yang dipensiunkan?

Mungkin beberapa dari Anda lebih memilih untuk menjual ponsel yang sudah uzur, namun banyak juga yang memilih menyimpan smartphone lawas mereka karena menyimpan banyak kenangan di dalamnya. Padahal sebenarnya banyak cara membuat ponsel lawas menjadi lebih bermanfaat.

Nah, daripada hanya disimpan saja di dalam laci atau lemari, mending ikuti beberapa tips yang akan tim Telset.id berikan untuk membuat smartphone lawas jadi lebih berguna. Yuk simak!

Frame Foto Digital

frame foto digital

Daripada membeli perangkat untuk tampilkan banyak foto dalam satu frame, lebih baik gunakan saja smartphone Android lawas Anda untuk tugas ini. Caranya pun mudah kok, tinggal install aplikasi bernama Photo Slides, Google Photos, Dayframe dan lainnya yang bisa menampilkan foto secara penuh pada layar smartphone.

Jangan lupakan juga untuk membeli dock atau tempat untuk menyimpan smartphone Anda agar lebih mirip seperti perangkat digital photo frame yang rata-rata dijual dengan kisaran harga Rp 500 ribu sampai Rp 2 jutaan di berbagai ecommerce. Cara pintar sekaligus hemat bukan?

GPS Mobil

GPS

Selanjutnya, Anda juga bisa mengubah smartphone Android lawas menjadi sebuah GPS yang ditempelkan pada kaca mobil Anda. Dengan memanfaatkan Google Maps atau aplikasi peta navigasi lainnya, tempat charger untuk dimobil dan juga dock untuk menempelkan smartphone di kaca mobil yang harganya tak lebih dari RP 20 ribuan, Anda sukses berhemat ratusan ribu rupiah.

Alat Baca

Alat baca digital

Kemudian, ubah smartphone lawas yang tidak terpakai lagi menjadi sebuah perangkat untuk membaca e-book, koran digital, dan lainnya dengan mudah. Daripada membeli alat e-reader yang bisa menyentuh angka Rp 1 jutaan, lebih baik manfaatkan smartphone lawas Anda bukan?

Ada banyak aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk mengubah smartphone lawas menjadi sebuah perangkat e-reader. Misalnya saja Google Play Books, Amazon Kindle, atau aplikasi lainnya yang tersedia di Google Play Store. Untuk menjadikannya benar-benar seperti alat e-reader serta untuk menghemat baterai smartphone, jangan install aplikasi apapun selain aplikasi tadi yang telah kami sebutkan.

Media Centre

media centre

Terakhir yang bisa Anda lakukan untuk jadikan smartphone lawas menjadi lebih berguna adalah dengan mengubahnya menjadi perangkat media centre untuk memutar berbagai musik dan juga film.

Anda hanya perlu memanfaatkan berbagai aplikasi seperti MX Player, VLC, Spotify, HOOQ, dan lainnya, serta hubungkan smartphone ke jaringan internet di rumah, maka smartphone lawas Anda resmi menjadi sebuah perangkat media centre yang bisa dimanfaatkan. Menarik dan juga hemat bukan? (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0