Jadi Langganan Banyak Perusahaan Tenar, Apa Saja Layanan AWS?

Telset.id, Jakarta – Walaupun belum seminggu membuka kantor di Jakarta, Amazon Web Services (AWS), yang tak lain anak usaha raksasa E-commerce asal AS Amazon, diketahui telah menjadi langganan banyak perusahaan tenar di tanah air.

Berbagai perusahaan dari beragam sektor seperti Bizzy.co.id, Etobee, Gojek, grivy.com, Haldin, Halodoc, Kompas.com, Kumparan, Livaza.com, Optikseis, Rumah123.com, Traveloka.com, Tiket.com, Tokopedia, dan Urbanindo.com tercatat menjadi pelanggan perusahaan besutan Jeff Bezos ini. Lantas apa saja layanan yang dimiliki AWS?

Technical Evangelist AWS Donnie Prakoso mengatakan pihaknya menyediakan 90 layanan komputasi awan atau Cloud. Diantaranya komputasi, penyimpanan, penyampaian konten, database, analitik, layanan aplikasi, manajemen dan implementasi, jaringan, desktop dan streaming aplikasi, layanan mobile, kecerdasan buatan (AI) dan produktivitas bisnis.

“Ini adalah beberapa dari banyak layanan yang mendukung pelanggan kami untuk dengan mudah membangun aplikasi dan layanan mereka, serta menjalankannya di Cloud AWS,” tutur Donnie di Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Selain itu, lanjut dia, platform Cloud AWS juga menjadi pondasi dari solusi oleh para pengembang, perusahaan komersial, sektor publik dan vendor software independen di seluruh industri vertikal.

Solusi tersebut contohnya big data & komputasi kinerja tinggi (HPC) termasuk Internet of things (IoT), pemulihan bencana &arsip, layanan kesehatan dan ilmu hayati termasuk genomika, layanan jasa keuangan, layanan mobile, pengembangan dan operasi game, media digital, aplikasi bisnis seperti Oracle, SAP dan Microsoft dan sektor publik.

“Tak ada komitmen di muka dan tidak ada kontrak jangka panjang. Sehingga perusahaan dan pengembang hanya membayar layanan yang mereka gunakan,” tandasnya. [WS/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here