Pembuat Rudal di Tiongkok Bikin Gadget Pengendus Daging

pengendus daging

Telset.id, Jakarta – Para peneliti di China Aerospace Science and Industry Corp, mengubah keahlian mereka untuk merancang dan memproduksi gadget yang ditujukan untuk ibu rumah tangga dan pembeli di pasar. Para peneliti pembuat rudal terbesar di Tiongkok ini membuat alat pengendus daging atau “freshness sniffer”.

Dilansir dari chinadaily, para pengembang di CASIC’s Beijing Institute of Radio Metrology and Measurements menyebutkan, perangkat elektronik ini dapat menentukan kesegara daging yang akan dibeli atau dimasak.

Gadget ini dilengkapi dengan sensor dan teknologi pengukuran yang digunakan dalam misil dan peralatan luar angkasa.

“Alat ini akan memberitahu apakah daging itu segar atau tidak. Sehingga perlu dimasak hingga matang, atau daging itu sudah lembek,” kata Niu Ye, seorang insinyur di institut yang bertanggung jawab atas pengembangan produk ini.

Cara menggunakannya cukup mudah, yakni dengan menyalakan perangkat dan aplikasi di ponsel, kemudian dekatkan perangkat atau gadget itu dengan daging selama sekitar 10 detik. Alat pengendus daging ini akan terhubung dengan ponsel melalui Bluetooth.

“Dia akan mendeteksi dan mengukur keberadaan amonia dan senyawa organik untuk menentukan aktivitas bakteriologis dalam daging mentah. Kemudian menganalisis hasil untuk menilai kesegaran daging dan menampilkan hasilnya di ponsel,” katanya.

Niu Ye menuturkan, alat ini dapat digunakan hampir pada semua jenis daging. Di antarnya daging babi, sapi, kaming, ayam,dan ikan. Versi pertama alat ini memiliki tingkat keakuratan 80 hingga 90 persen. Ke depan, perangkat keras dan aplikasi akan ditingkatkan guna meningkatkan tingkat keakuratannya.

Seperti diketahui, pada umumnya konsumen memilih atau menilai kesegaran daging berdasarkan bau dan penampilannya. Namun, ada banyak penjual yang tidak bermoral yang mengelabui hidung dan mata konsumen.

Produk ini dapat sangat berguna bagi konsumen yang membeli daging dari penjual yang tidak berlisensi. Terutama di daerah pedesaan, yang lupa untuk memasukkan daging segar ke dalam kulkas setelah membelinya, atau yang ingin memasak daging yang telah disimpan di kulkas untuk waktu yang lama.

“freshness sniffer” merupakan perangkat pertama dari jenisnya yang dikembangkan para insinyur di Tiongkok, meski ada beberapa produk serupa di pasar luar negeri. Rencananya gadget pengendus daging ini akan diproduksi masal dan dipasarkan di pasar domestik. [BA/IF]

Source Link

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here