Ini yang Harus Dilakukan Jika Laptop Tersiram Air

Telset.id – Cairan dan alat elektronik merupakan dua hal yang tidak bisa disatukan. Ketika dua hal ini bertemu, cairan dapat menghancurkan banyak sirkuit elektronik. Hal ini juga dapat mengirimkan Anda ke rumah sakit jika tidak hati-hati. Bagaimana jika laptop kita tidak sengaja tersiram air? Jangan panik, ikuti cara dari Tim Telset.id berikut ini untuk mengatasinya.

Catatan: kami asumsikan air yang tertumpah adalah air biasa, bukan cairan yang dapat lengket saat mengering, seperti alkohol, soft drink atau minuman manis.

  1. Pastikan tangan dan tombol power pada laptop kering. Gunakan lap jika memang dibutuhkan.
  2. Kemudian matikan laptop, bukan matikan dengan cara biasa (menekan tombol shut down di start menu) tapi dengan menekan dan menahan tombol Power beberapa saat.
  3. Selanjutnya cabut laptop dari semua sumber listrik. Cabut adapter AC dari stop kontak, kemudian lepas baterai (jika baterai bisa dilepas).
  4. Sekarang Anda telah aman dari tersetrum. Cabut hal lainnya seperti mouse yang terpasang, kabel, flash disk, dan lainnya.
  5. Buka dan cabut apapun yang bisa dibuka dan dicabut seperti RAM, HDD atau SSD.
  6. Keringkan casing secara menyeluruh dengan menggunakan lap atau handuk, bersihkan meja atau tempat Anda meletakkan laptop juga.
    0519-drain-100659906-large
  7. Buka laptop Anda hingga membentuk garis lurus, kemudian simpanlaptop Anda di atas lap atau handuk sehingga cairan bisa menetes keluar.
  8. Jika sudah, pasangkan semuanya kembali. Dan nyalakan laptop Anda.

Jika ternyata cara dari kami masih gagal untuk “menghidupkan” kembali laptop Anda, cobalah untuk membawanya ke tempat servis resmi dari merek laptop Anda.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -