Ini Arti Bunyi “Beeps” Saat Komputer Menyala

Telset.id – Apakah Anda pernah mengalami kejadian saat komputer menyala terdengar bunyi “beeps” secara terus menerus dan komputer langsung masuk ke mode power saving? Sebenarnya suara ini seperti kode Morse dalam bahasa komputer BIOS.

Setiap kali Anda menghidupkan PC, sebuah program bernama POST akan berjalan yang merupakan singkatan dari Power On Self Test. Tes ini adalah cara dari PC untuk memastikan semuanya baik-baik saja, sebelum melanjutkan ke proses booting selanjutnya. Proses ini mirip seperti seorang insinyur yang memeriksa perangkat keras sebelum digunakan.

fullsizerender-5-100674626-large

Nah ketika POST ini berjalan, Anda akan langsung melihat hasilnya pada layar, dengan asumsi hal tersebut bekerja dengan baik. Namun tampilan visual ini terkadang tidak begitu berguna, jika pada kenyataannya tidak ada sinyal yang masuk ke monitor, sehingga para produsen BIOS merancang sistem beep yang berfungsi sebagai panduan diagnostik. Bahkan beberapa motherboard menampilkan kode dua digit di dalamnya yang akan memberitahu kita ketika ada masalah.

img_1989-100674627-large

Hanya ada satu suara beep yang terdengar baik yakni nada beep yang hanya berbunyi sekali saja ketika PC menyala. Saat ini kebanyakan komputer tidak memiliki speaker pada motherboard-nya sehingga kita tidak bisa mendengar bunyi beep, kecuali ada masalah. Nah jika itu terjadi, ini yang harus Anda lakukan.

Hal pertama adalah perhatikan pola beep. Bisa pola beep yang panjang, pendek, dan lainnya yang bervariasi sesuai dengan situasi yang ada. Catat jumlah dan berapa lama bunyi beep tersebut berbunyi, kemudian lihat ke produsen dari motherboard melalui situsnya. Berikut ini beberapa produsen untuk menjelaskan arti dari beeps-nya. Dell, HP, Lenovo, Asus, Gigabyte, dan MSI.

Setelah mengartikan kode beep tersebut, hal terakhir yang perlu diingat adalah “Beeps of Death” akan muncul ketika anda mengubah sesuatu di komputer seperti RAM atau HDD. Nah jika itu terjadi, cobalah periksa kabel yang terhubung. Atau periksa juga dudukan RAM yang tidak pas saat memasangnya.

Jika suara tersebut berlanjut, cobalah untuk jangan mengganti beberapa komponen tersebut (jika sudah terlanjur, ganti kembalu ke komponen semua). Nah, jika ternyata beep-nya hilang, anda baru saja menemui pelakunya. Solusinya adalah install ulang PC anda dan lihatlah hasilnya apakah masih bersuara beep atau tidak ketika diganti komponennya.[FHP]

SourcePCWorld

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -