Ingin Punya Drone? Begini Cara Menerbangkannya!

Telset.id – Apakah Anda memiliki rencana untuk membeli sebuah drone? Jika ya, sebaiknya Anda pelajari dulu cara menerbangkannya karena jangan sampai saat sudah membeli, Anda tidak bisa menerbangkan drone kesayangan.

Menerbangkan sebuah drone tidaklah sulit, ketika Anda tahu “kunci”nya, menerbangkannya akan sangat mudah. Tim Telset.id dengan senang hati akan memberikan setiap langkah bagaimana cara menerbangkan sebuah drone.

Kontrol Dasar

Kebanyakan quadcopters datang dengan kondisi siap untuk terbang, dengan dilengkapi remote control yang sudah dipasangkan untuk sebuah drone. Pertama yang harus dilakukan adalah membaca buku manualnya terlebih dahulu, untuk mengetahui bagaimana mengaktifkan controller atau drone untuk pertama kalinya.

Sebagai catatan, kebanyakan kontrol hampir selalu berada di mode 2. Jika controller kebetulan berada di mode 1, itu berarti kendali berada di stik sebelah kanan bukan di kiri.

Kami menggunakan transmiter DJI Phantom 2 sebagai contoh, namun Anda juga dapat menggunakan yang mirip dengan alat yang kami gunakan. Metode pertama yang kami bagikan adalah menyalakan baling-baling, jadi lihat kembali buku manual. Dengan menggunakan DJI, untuk menyalakannya adalah dengan tarik kedua stik ke bawah.

Sebagai pemula, disarankan untuk berdiri di belakang drone daripada berdiri di samping atau di depannya untuk menjaga hal-hal yang mungkin saja terjadi.

Kontrol sebelah kiri berfungsi untuk mengontrol ketinggian, jika mendorong kontrol ke atas, maka penggerak dari drone akan berputar lebih cepat sehingga drone akan naik, dan sebaliknya.

How to fly a drone

Pada beberapa quadcopters, penggerak akan berhenti total ketika stik kontrol berada di bawah. Jelas ini merupakan hal yang buruk, jadi perlu adanya kehati-hatian untuk tidak mengendalikan terlalu over, karena berbahaya. Namun, jika kita menggunakan DJI Phanton (atau yang lainnya), kendali akan selalu berada di tengah. Jadi untuk menghentikan penggeraknya, Anda harus menarik ke bawah stik kontrol dan tahan untuk beberapa saat.

Stik sebelah kiri juka merupakan kontrol untuk Yaw. Kontrol ini berfungsi untuk merotasi drone. Jika kita lihat drone dari bawah, ketika kita mendorong stik ke kiri, maka drone akan berputas berlawanan arah jarum jam, dan sebaliknya jika kita mendorong ke kanan, drone akan berputar searah jarum jam.

How to fly a drone

Sekarang untuk stik sebelah kanan, ketika kita mendorongnya ke atas, drone akan bergerak maju, dan sebaliknya ketika kita mendorongnya ke bawah, drone akan mendekati kita. Kontrol ini juga disebut kontrol Pitch.

How to fly a drone

Untuk membuat drone bergerak ke kiri dan kanan, dorong stik sebelah kanan ke kiri atau ke kanan. Kontrol ini disebut Roll.

How to fly a drone

GPS dan Melayang

Tidak semua drone dapat melayang di satu posisi saja, karena tentu sulit jika kita terus-menerus menyesuaikan kendali untuk mempertahankan ketinggian tertentu. Biasanya mode ini disebut dengan Attitude. Sebuah drone tidak harus memiliki GPS untuk melayang atau terbang, beberapa memiliki semacam barometer atau sensor lainnya yang cukup untuk melakukan ini. Namun, tanpa GPS drone dapat dengan mudah terbang tanpa arah yang jelas. Jadi dengan adanya GPS, drone secara otomatis dapat melawan angin yang bertiup yang dapat membuat drone “nyasar” di udara.

Simulator Penerbangan

Beberapa drone menyediakan transmiter dengan fitur Trainer. Dengan fitur ini Anda dapat melakukan latihan terlebih dahulu dengan memasangkan kabel ke laptop atau PC. Jadi sebelum menerbangkan drone yang asli, Anda dapat menerbangkan drone virtual di laptop atau PC dengan controller yang asli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here