telset

Ilmuwan Temukan Cara Mengambil Foto Tanpa Lensa

Telset.id, Jakarta – Sejauh ini, belum ada kamera yang bisa bekerja tanpa bantuan dari lensa. Namun para ilmuan dari Caltech berhasil menemukan cara mengambil foto tanpa bantuan sebuah lensa. Lantas, bagaimana cara mengambil foto tanpa lensa?

Penggunaan lensa ini sendiri nantinya akan digantikan dengan menggunakan rangkaian penerima cahaya kecil berbasis silikon untuk menstimulasikan apa yang biasa dipakai di lensa kaca.

“Gelombang cahaya yang diterima oleh setiap elemen di seberang array saling membatalkan satu sama lain dari segala arah, kecuali satu. Ke arah itu, gelombang menguatkan satu sama lain untuk menciptakan ‘tatapan’ yang terfokus yang dapat dikontrol secara elektronik,” ujar para peneliti dari Caltech, seperti dikutip dari laman PhoneArena.

Saat ini, mereka sudah membuat sebuah chip purwarupa yang diberi nama optical phased array tersebut. Mereka menggunakan optik 8×8 dengan resolusi 64 piksel yang sagat tipis. Meskipun kualitas gambar yang dihasilkan masih rendah, namun konsep ini sudah berhasil untuk dijalankan.

Kedepannya, mereka berhasil menciptakan sebuah chip yang benar-benar tipis dan kecil, yang nantinya diharapkan dapat menggantikan penggunaan lensa konfensional yang terdapat di ponsel pintar maupun kamera biasa.[NC/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0