Hands-on Sony Xperia XZ Premium: Bawa Snapdragon 835 & Layar 4K

Sony Xperia XZ Premium

Telset.id – Sony baru saja mengumumkan empat jagoan barunya, yakni Sony Xperia XZ Premium, Xperia XZs, Xperia XA1 dan Xperia XA1 Ultra. Namun diantara keempatnya, yang paling menarik perhatian adalah Sony Xperia XZ Premium. Alasannya, smartphone ini menjadi smartphone pertama yang menggunakan chipset terbaru Snapdragon 835, dan juga layar dengan resolusi 4K.

Selain menawarkan dua hal tersebut, tentunya Sony Xperia XZ Premium juga menawarkan hal lainnya yang mungkin saja bisa menarik perhatian calon konsumen. Nah, untuk melihatnya lebih dekat, Tim Telset.id akan coba mengulasnya secara singkat lewat hands-on Sony Xperia XZ Premum berikut ini:

[Baca Juga: 4 Hal yang Bikin Sony Xperia XZ Premium “Kurang Premium”]

Desain

Sony Xperia XZ Premium

Jika dilihat sepintas, Xperia XZ Premium tampak mirip seperti Sony Xperia Z5 Premium, bedanya hanyalah ukuran XZ premium lebih besar ketimbang pendahulunya tersebut. Smartphone ini dibuat dengan balutan kaca di setiap sisinya.

Meski terlihat “ringkih”, namun Sony melindungi lapisan kacanya dengan menggunakan Corning Gorilla Glass 5 untuk sisi depan dan juga belakang. Dengan desain berbalut kaca, Xperia XZ Premium seperti mengikuti arus desain yang dianut smartphone flagship lainnya yang menggunakan lapisan kaca untuk membalut body smartphone.

Tapi sayangnya, smartphone yang memiliki dua pilihan warna yakni Deepsea Black and Luminous Chrome ini masih belum mau menerapkan desain borderless pada Xperia XZ premium, seperti yang diterapkan pada smartphone high-end lainnya seperti LG G6, Xiaomi Mi Mix atau Samsung Galaxy S8 yang akan segera diperkenalkan bulan depan.

Hal itu terbukti dengan cukup tebalnya bezel pada smartphone ini entah itu untuk bagian atas dan bawah atau sisi kanan dan kiri smartphone. Untungnya, Sony masih “menutupi” tebalnya bezel Xperia XZ Premium dengan tetap mempertahankan desain khas mereka yang terlihat premium nan elegan.

Sony Xperia XZ Premium sendiri memiliki ukuran dimensi 156 x 77 x 7.9 mm dengan berat 195 gram. Di sisi depannya, terdapat layar berukuran 5.5 inch dengan kualitas 4K, speaker yang berada di bagian bawah, serta kamera dan beberapa atribut lainnya ditaruh di bagian atas layar.

Sedangkan untuk bagian belakang yang juga dilapisi kaca, tidak terdapat banyak ornamen di bagian ini. Hanya tampak logo Xperia saja di bagian tengah, logo NFC tepat di bawahnya, serta kamera utama dan LED Flash yang ditempatkan di bagian kiri atas. Meski tak banyak ornamen, hal itu malah membuat bagian belakang XZ Premium tampak “premium”.

Sementara itu di sisi kanan terdapat tombol Volume, tombol Power yang juga bertugas sebagai sensor sidik jari serta tombol kamera. Sedangkan di sisi kiri, hanya terdapat slot kartu SIM dan juga slot microSD saja. Sony juga masih menyematkan jack 3.5 mm di bagian atas smartphone, serta USB Type-C di bagian bawah smartphone.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here