Gokil, Kali Ini DARPA Ingin Meretas Otak Manusia

Telset.id, Jakarta – Pernah mendengar tentang DARPA? DARPA atau Defense Advanced Research Projects Agency sejatinya adalah badan riset rahasia Amerika Serikat yang menjadi rumah bagi teknologi-teknologi mutakhir yang tidak diketahui banyak orang. Kali ini, DARPA yang memang dikenal sering menggagas proyek-proyek “gila,” kembali membuat melongo dengan rencana gilanya.

Ya, sebuah laporan dari Hackaday menyebutkan bahwa badan riset ini bahkan berencana untuk meretas otak manusia. Dan itu akan dilakukan dengan bantuan pusat perangkat biomedis di universitas Texas di Dallas. Kurang gila apa coba?

Rencana awal untuk mengubah kita menjadi zombie tanpa pikiran tampaknya akan disimpan untuk saat ini, namun mereka mengerjakan apa yang mereka sebut Target Neuroplasticity Training (TNT), yang menurut penjelasan mereka berarti menggunakan sistem saraf tubuh untuk meningkatkan dan mempercepat proses belajar.

Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan proses yang dikenal sebagai ‘plastisitas sinaptik’ yang membuka dan menutup sinapsis otak dengan stimulasi listrik. Mereka berharap dengan menyetel jaringan syaraf tiruan yang bertanggung jawab atas fungsi kognitif maka akan meningkatkan pembelajaran. Hmm…

Sebelumnya, DARPA juga pernah datang dengan ide gila untuk me-restore memori. Dipanggil RAM Replay, program ini memungkinkan seseorang mengingat sesuatu tanpa pernah mengalaminya sendiri. Bisa juga digunakan untuk menguasai skill atau kemampuan tanpa perlu belajar sekalipun. [IF/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here