Fitur ‘Ok Google’ Tak Mau Bekerja? Begini Cara Atasinya

Perintah Google Assistant

Telset.id, Jakarta – Para pengguna smartphone Android sekarang mulai sering memakai fitur ‘Ok Google’ di perangkat mereka. Fitur ini memang menarik dan sangat membantu para pengguna untuk melakukan beberapa hal, seperti mencari sirus berita, mendengarkan musik dan lainnya.

Tapi tak jarang para pengguna Android menemukan masalah karena fitur ‘Ok Google’ di perangkat mereka tidak mau berjalan. Dan kebanyakan dari pengguna tidak tahu bagaimana mengatasi masalah tersebut.

[Baca juga: Trik Gunakan Mode Picture-in-Picture di Android Oreo]

Tapi tak perlu khawatir, karena tim Telset.id punya beberapa tips untuk menyelesaikan masalah tersebut. Nah, berikut ini cara perbaiki fitur ‘Ok Google’ yang tak mau berjalan di perangkat Android:

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek pengaturan bahasa di smartphone Android Anda. Karena bisa saja fitut OK Google tak mau berjalan karena sang Google Assistant tidak mengenali bahasa yang Anda gunakan.

Untuk mengecek bahasa apa yang sedang Anda pakai, buka menu Setting. Setelah itu, cari menu Languages & Input, setelah ketemu, klik menu tersebut. Di sinilah Anda bisa melakukan pengecekkan terhadap bahasa yang dipakai.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah melakukan pengecekan di bagian microphone dari perangkat. Hal ini dikarenakan fitur ‘Ok Google’ mengandalkan microphone sebagai alat pendeteksi perintah.

[Baca juga: Samsung Notebook 9 Pen, “Kawin Silang” Note 8 dengan Laptop]

Cek bagian microphone, apakah tertutup debu atau tidak. Jika iya, bersihkan menggunakan cotton bud, yang sebelumnya telah di baluri dengan alkohol.

Yang terakhir, coba cek jaringan yang sedang Anda gunakan, baik jika Anda menggunakan WiFi atau menggunakan paket data. Hal ini dikarenakan fitur ‘Ok Google’ ini bergantung pada koneksi internet.

Nah, tipsnya sangat mudah dan sederhana bukan. Silahkan mencobanya jika fitur OK Google di perangkat Android Anda tidak dapat berjalan. Selamat mencoba. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here