telset

Diuji Ketahanannya, HTC U11 Menyerah

Telset.id, Jakarta – HTC U11 baru saja diperkenalkan dan langsung memberikan kejutan dengan berhasil meraih posisi pertama di klasemen DxOMark. Smartphone yang memiliki fitur unik “remasan” ini boleh dibilang jago soal kamera, namun bagaimana dengan ketahanan body-nya?

Salah satu channel YouTube, JerryRigEverything dapat membantu menjawab pertanyaan tersebut lewat tes ketahanan yang dilakukannya. Ya, HTC U11 baru saja “disiksa” dengan beberapa tahap pengujian, seperti tes goresan, tes ketahanan layar dengan membakarnya dan juga bend test. Bagaimana hasilnya?

[Baca juga: Saat BlackBerry KeyOne “Disiksa”, Mampukah Bertahan?]

Uji ketahanan dimulai dengan tes goresan pada layar. Layar HTC U11 sendiri dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 5, namun hanya bisa survive sampai skala 6 saja. Selanjutnya Jerry menggores bagian tombol Home yang juga sebagai sensor sidik jari. Terlihat jika tombol Home HTC U11 sangat rentan akan goresan, tapi meski begitu fungsi sidik jari masih berfungsi dengan baik.

Selanjutnya di bagian belakang, saat digores di bagian kamera, lapisan pelindung kamera berfungsi dengan sangat baik. Tidak nampak adanya goresan berarti pada kamera utama HTC U11. Sayangnya pada LED Flash, panel pelindungnya hanya terbuat dari plastik sehingga mudah sekali tergores.

Ketika bagian samping HTC U11 digores, memang bagian tersebut mudah sekali tergores. Tapi fungsi Edge Sense atau “remasan” masih berfungsi dengan sangat baik sehingga jika tergores, penggunanya tak usah khawatir fitur tersebut tidak akan berfungsi.

[Baca juga: [Video] Disiksa, Mampu Nokia 6 Bertahan?]

Kemudian tes ketahanan layar dengan membakar layar tersebut. Hasilnya, ketika dibakar beberapa saat, memang terdapat noda hitam pada layar U11. Namun beberapa saat kemudian, noda hitam tersebut akan hilang.

Yang mengejutkan adalah ketahanan body-nya ketika dilakukan bend test. Tampak smartphone sangat ringkih sehingga mudah sekali ditekuk. Meski pada tes pertama HTC U11 masih bisa bertahan, namun ketika ditekuk kembali, akhirnya smartphone ini menyerah juga. (FHP/HBS)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0